Teknologi yang Canggih Bisa Bantu Fashion Designer Mengurangi Limbah

By Indah Permata Sari, Sabtu, 27 Juli 2024 | 09:05 WIB
Armine Ohanyan saat ditemui di Media Center JF3 Fashion Festival, Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta, pada Kamis, (25/7/2024). (Foto : CewekBanget.ID/Indah)

CewekBanget.ID - Girls, tahukah kamu kalau industri fashion termasuk yang menyumbang banyak limbah ke Bumi?

Hal ini dikarenakan adanya fast fashion yang membuat produk fashion diproduksi dengan cepat dan dalam jumlah yang banyak.

Sehingga selain limbah dihasilkan oleh pabrik fashion itu sendiri, limbahnya juga bisa berasal dari kita sebagai konsumen yang dengan mudah membuang pakaian kita untuk membeli produk yang baru.

Maka dari itu sebagai kepedulian akan lingkungan, para pelaku fashion pun mulai melakukan berbagai macam cara yang mereka bisa untuk mengurangi limbah pakaian.

Mulai dari pabrik pakaian hingga para desainer pun juga mencari segala cara dan upaya untuk bisa mengurangi limbah fashion.

Salah satu designer fashion asal Prancis, Armine Ohanyan, pun melakukannya.

Menjadi desainer pembuka di JF3 2024, Armine Ohanyan yang perdana datang ke Indonesia ini mengungkapkan kepeduliannya akan pengurangan limbah fashion saat hadir di acara press conference Opening Fashion Show JF3 Fashion Festival 2024.

"Bagiku ini penting banget soalnya kita semua tahu kan kalau fashion jadi salah satu industri yang memberikan paling banyak polusi.

Jadi setiap orang yang bekerja di industri ini harus tahu bahwa tiap koleksi yang mereka buat bisa menghasilkan polusi untuk planet ini.

Seperti yang aku lakukan untuk koleksi (yang dipamerkan di JF3 2024) ini aku menggunakan sisa pabrik dan aku kerjasama dengan seniman lokal di Prancis.

Penting banget sih bagi aku untuk bisa punya kesadaran ekologi ya," jelas Armine di Media Center JF3 Fashion Festival, Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta, pada Kamis, (25/7/2024).

Baca Juga: Kebaruan Wastra dan Budaya Nusantara dalam SPOTLIGHT Indonesia 2023