Ketua APPMI Poppy Dharsono: Beli Produk Indonesia Meski Harga Lebih Mahal di TikTok

By Indah Permata Sari, Minggu, 28 Juli 2024 | 23:30 WIB
Koleksi hasil kolaborasi Poppy Dharsono x Damatex di F3 Fashion Festival 2024, di Summarcon Mall Kelapa Gading, pada Minggu, (28/7/2024). (Foto : CewekBanget.ID/Indah)

CewekBanget.ID - Girls, ternyata tiap satu keputusan kita untuk beli produk lokal asli Indonesia, jadi hal yang penting banget lho.

Penting dalam hal kita bisa berpartisipasi dalam memajukan produk lokal.

Di mana nantinya akan berujung dengan amannya lapangan pekerjaan bagi mereka yang ada di industri fashion lokal.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), Poppy Dharsono, saat ditemui usai dirinya menampilkan karyanya bersama dengan Harry Hasibuan, Riki Damanik, dan APPMI Muda Sustainable Fashion di acara JF3 Fashion Festival 2024.

Poppy Dharsono menyampaikan hal ini karena keprihatinannya soal banyak pabrik tekstil di Indonesia yang terpaksa harus tutup.

"Seperti kita ketahui ada lebih dari 10 pabrik tekstil tutup. Kemarin juga baru aja ada 50 ribu buruh di-PHK (pemutusan hubungan kerja).

Ini adalah sesuatu hal yang memprihatinkan sekali, padahal potensi (fashion) kita luar biasa," ucap Poppy Dharsono di Summarecon Mall Kelapa Gading, pada Minggu, (28/7/2024).

Dia juga menyebutkan para pelaku di bidang garmen dan tekstil harus fight dan bagi masyarakat umum diimbau untuk mau membeli produk asli Indonesia.

Poppy Dharsono mengatakan, "Temen-temen semua, belilah produk Indonesia. 

Mungkin (harga) lebih mahal sedikit dari yang murah-murah di TikTok tapi (itu) bukan buatan Indonesia.

Kalian memilih itu artinya membuat negara lain (punya) buruhnya (jadi) lebih banyak."

Baca Juga: Teknologi yang Canggih Bisa Bantu Fashion Designer Mengurangi Limbah