5 Tips Nyanyi Ala Raisa Untuk Kita Terapkan di Video Musik

By Natasha Erika, Kamis, 10 Desember 2015 | 17:00 WIB
5 Tips Nyanyi Ala Raisa Untuk Kita Terapkan di Video Musik (Natasha Erika)

Supaya hasil video musik kita berbeda dari yang lain salah satu caranya adalah membuat variasi olah suara. Kita bisa menggunakan rongga mulut kita untuk membuat nada berbeda sehingga hasil cover lagu kita pun tampil beda. Tapi, yang enggak kalah penting, kita juga harus bisa menjaga kualitas suara. Nah, gimana kalau kita tanya langsung rahasianya ke penyanyi muda Indonesia yang sudah ternama, Raisa? Kepada VokalPlus, yaitu media latihan vokal yang digagas pelatih profesional Indra Aziz, Raisa sempat berbagi ilmu gimana cara mengolah suara kita lebih kreatif dan maksimal. Ini dia 5 tips menyanyi ala Raisa untuk kita terapkan di video musik.

Raisa bilang kalau kita bisa memanfaatkan rongga mulut kita untuk membuat bagian vokal yang berbeda. Ia memperagakan kalau kita ingin menyanyikan sepenggal kata yaitu 'Gone'. Kita bisa menyanyikannya dengan teknik meninggikan atau merendahkan nada untuk kata tersebut. Sehingga, kita bisa menyanyikan lagu dengan lebih variatif.

Kita juga bisa memainkan vibra ketika menyanyikan sebuah lagu. Apalagi kalau kita ingin cover lagu tertentu. Raisa memberi contoh ketika menyanyikan sepenggal kalimat yaitu 'I wanna love you.' Kita bisa memberi vibra pada kata 'I' atau juga 'love' atau mungkin keduanya.

Selain itu, Raisa juga membagikan tips kepada VokalPlus yaitu kita bisa menekankan nada tertentu ketika bernyanyi. Masih dengan contoh kalimat 'I wanna love you'. Kita mungkin bisa memberi tekanan lebih berat atau lebih dalam pada kata 'you' sebagai penutup.

Raisa juga menambahkan agar ketika bernyanyi kita harus dengan perasaan enjoy. "Just have fun with it," ucapnya. Walau kita juga memperhatikan teknik dan improvisasi vokal, kita juga harus menikmati lagu yang ingin dibawakan. Ketika kita bernyanyi dengan sangat menikmati setiap nada di lagu maka hasilnya pun akan sangat enak didengar!

Ngejaga suara agar tetap kece jadi hal utama yang diperhatikan penyanyi cantik ini. Nah, Raisa sempat cerita ke kaWanku gimana cara ia menjaga suaranya agar tetep indah beberapa waktu lalu menjelang konser tunggalnya pada Mei 2015. "Aku selalu minum madu, dicampur lemon dan air hangat buat bantu jaga suara aku," katanya. Wah, kita bisa contek rahasianya, nih! He-he-he.