3 Fakta 'Senyap', Film Dokumenter Tentang Indonesia Yang Masuk Nominasi Oscar 2016

By Natasha Erika, Kamis, 14 Januari 2016 | 17:00 WIB
3 Fakta 'Senyap', Film Dokumenter Tentang Indonesia Yang Masuk Nominasi Oscar 2016 (Natasha Erika)

Film dokumenter berjudul Senyap (The Look of Silence) karya sutradara Denmark, Joshua Oppenheimer, masuk nominasi Oscar untuk kategori Documentary Feature. Dalam film tersebut, sineas Amerika Serikat mengangkat tema soal pembantaian massal pasca tragedi Gerakan 30 September (G30S) di tahun 1965. Berikut 3 fakta Senyap, film dokumenter tentang Indonesia yang masuk nominasi Oscar 2016.

Film ini bakal merunut kisah Adi, seorang pria yang keluarganya dituduh anggota PKI. Kakak kandungnya menjadi korban pembantaian di tahun 1965, dan Adi memutuskan untuk mencari tahu siapa pembunuhnya. Di sini, kita bakal menyaksikan gimana dia harus menghadapi ketakutannya dan bertemu dengan orang-orang yang mungkin bertanggungjawab atas kematian kakaknya.

Sebelum masuk nominasi ini, Senyap sudah pernah membawa pulang beberapa penghargaan di berbagai festival film dunia antara lain Berlin International Film Festival dan Busan International Film Festival.

Dalam ajang Academy Award ke-88 tahun 2016, film kedua dari Oppenheimer setelah Jagal (The Act of Killing) ini akan bersanding dengan dokumenter tentang penyanyi Amy Winehouse berjudul Amy, perdagangan narkoba di Mexico berjudul Cartel Land, dokumenter tentang penyanyi Nina Simone What Happened, Miss Simone? dan protes Euromaidan di Ukraina berjudul Winter on Fire: Ukraine's Fight for Freedom buat menyabet gelar film dokumenter panjang terbaik.

Seluruh nominasi yang masuk ajang ini baru diumumkan di Samuel Goldwyn Theater di Beverly Hills, Kamis (14/01) lalu. Sementara ajang penghargaannya sendiri bakal diadakan pada 28 Februari 2016 di Los Angeles. Mari ditunggu!

Wajib banget kita melihat trailer film dokumenter ini apalagi kalau belum nonton filmnya. Dijamin bakal merinding!