Ini 11 Wilayah Indonesia Yang Akan Dilintasi Gerhana Matahari Total 2016

By Natasha Erika, Selasa, 12 Januari 2016 | 17:00 WIB
Ini 11 Wilayah Indonesia Yang Akan Dilintasi Gerhana Matahari Total 2016 (Natasha Erika)

Girls, di tahun baru ini kita akan melihat berbagai fenomena langit yang tidak selalu bisa kita saksikan. Ada hujan meteor, ada pula Supermoon, dan yang paling ditunggu-tunggu untuk kita yang tinggal di Indonesia adalah Gerhana Matahari Total atau GMT. Fenomena GMT hanya terjadi di Indonesia dan kita bisa jadi salah satu saksinya, girls. Di sini ada beberapa info soal GMT 2016. Kita juga bisa menyimak 11 wilayah Indonesia yang akan dilintasi Gerhana Matahari Total 2016.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan fenomena alam GMT yang diperkirakan akan terjadi di Indonesia pada 9 Maret 2016 mendatang hanya akan terjadi di beberapa wilayah, salah satunya Poso, Sulawesi Tengah.

Peristiwa ini diharapkan mampu menyedot kunjungan wisatawan di Poso baik lokal maupun mancanegara. Harapan tersebut diyakini akibat GMT tersebut hanya terjadi di Indonesia sehingga kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia, termasuk Poso diperkirakan meningkat tajam.

Pemerintah Kabupaten Poso melalui Kepala Dinas Pariwisata Putra Botilangi yang ditemui oleh Kompas.com pada Rabu (11/11/2015) menjelaskan bahwa GMT yang akan terjadi pada hari tersebut akan menjadi pemandangan yang sangat langka.

"Yang jelas ini fenomena alam yang sangat langka, GMT yang sama pernah terjadi pada tahun 1983 silam. Untuk itu, kita berharap khususnya di Kabupaten Poso banyak wisatawan yang berdatangan," jelasnya. 

Ini 11 Wilayah Indonesia Yang Akan Dilintasi Gerhana Matahari Total 2016