5 Fakta Soal Indonesia Menempati Urutan Ke-dua Tertinggi Pernikahan Remaja

By Astri Soeparyono, Minggu, 13 Desember 2015 | 17:00 WIB
5 Fakta Soal Indonesia Menempati Urutan Ke-dua Tertinggi Pernikahan Remaja (Astri Soeparyono)

Perkawinan dan kehamilan remaja cewek masih menjadi masalah besar di dunia, khususnya di negara berkembang. Indonesia bahkan menempati urutan ke-dua tertinggi di Asia Tenggara setelah Kamboja dalam jumlah perkawinan remaja. Ini dia 5 fakta yang harus kita tahu soal Indonesia yang menempati urutan ke-dua tertinggi pernikahan remaja ini.

(foto: gifrific.com)

(Baca juga: Jutaan Cewek di Dunia Menikah di Bawah Umur)

UNICEF Indonesia mencatat, pada tahun 2012 satu dari empat anak cewek di Indonesia sudah menikah sebelum mereka berusia 18 tahun, atau sekitar 26 persen.

Perkawinan dan kehamilan remaja mengandung sejumlah risiko dalam jangka panjang. "Cewek berusia 16 tahun belum siap dari segi kesehatan mau pun mentalnya untuk menikah," kata Benny Prawira, ketua peneliti film dokumenter Dampak Buruk Perkawinan Usia Anak di Indonesia dalam acara diskusi yang diadakan oleh Aliansi Remaja Indonesia (ARI) di Jakarta (12/12/15) kepada kompas.com.

(Baca juga: Remaja Rentan Mengalami Depresi)

Benny mengatakan, dari sisi kesehatan reproduksi, remaja yang menikah dan hamil memiliki risiko negatif yang lebih besar.

"Meskipun remaja tersebut sudah menstruasi, sudah mengeluarkan ovum, bukan berarti mereka sudah siap untuk menikah. Mereka terlalu muda untuk hamil dan ukuran pinggangnya masih kecil untuk melahirkan normal," ujarnya.

Selain itu, kehamilan dan persalinan bagi cewek berusia kurang dari 20 tahun beresiko kematian yang lebih tinggi. Hal ini pula yang menjadi salah satu penyebab tingginya angka kematian ibu di Indonesia.

Remaja juga masih berada dalam tahap tumbuh kembang sehingga jika hamil, mereka bisa kekurangan gizi. Anak yang dilahirkan juga memiliki risiko memiliki status gizi yang rendah.