Vserv, penyedia platform mobile marketing dan commerce, melakukan penelitian pada pengguna smartphone di Indonesia. Hasilnya, mereka mengelompokkan pengguna smartphone dalam lima persona (semacam profil pengguna). Kamu termasuk yang mana, girls?
Lima persona itu adalah: rakus data, pecinta game, pengguna utama, iseng/awam, pembicara dan bintang sosial. Dan, ternyata, persentase terbanyak pengguna smartphone di Indonesia berdasarkan penelitian itu adalah pengguna dengan persona rakus data!
Sebanyak 20 persen pengguna smartphone di Indonesia masuk dalam golongan ini. Konsumsi data yang dilakukan golongan ini mencapai 249 MB per hari. Ini termasuk dari WiFi (109 MB) dan layanan data operator (140 MB).
Golongan ini menghabiskan waktu menggunakan ponsel sebanyak 126 menit per hari. Dengan waktu-waktu utama di malam hari (jam 19-22). Aplikasi favorit mereka, sudah bisa diduga, adalah YouTube. Menyusul kemudian aplikasi browsing UC Browser dan toko aplikasi Google Play.
Persona berikutnya dari pengguna smartphone Indonesia adalah gamer alias penggemar game. Porsinya mencakup 19 persen. Golongan ini menghabiskan waktu bermain game di smartphone hingga 91,2 menit per hari. Dari sisi konsumsi data, masih cukup besar dengan angka 179 MB per hari (96 MB seluler; 83 MB WiFi). Game kesukaan mereka? Clash of Clans, LINE Let's Get Rich dan Hay Day. Hmm... Mungkin main Duel Otak juga termasuk di dalamnya, girls! He-he-he.
Adalah orang yang menghabiskan waktu memakai smartphone paling banyak, dibanding persona lainnya, dalam hal ini mencapai 155 menit. Orang yang termasuk dalam tipe ini di Indonesia hanya berkisar 17 persen.
Adalah pengguna yang paling minim memanfaatkan smartphone setiap harinya, hanya 108 menit. Menariknya, golongan ini diperkirakan berusia 36 tahun ke atas. Sebanyak 15 persen pengguna smartphone di Indonesia masuk dalam golongan ini.
Sebanyak 15 persen, tipe pembicara adalah kelompok "bawel" yang menghabiskan hingga 10 menit per hari untuk menelepon (baik panggilan selular maupun voip).
Mungkin sudah bisa diduga, tipe bintang sosial adalah yang gemar "bersarang" di media sosial. Dengan aplikasi kegemaran: Facebook, Twitter dan Path. Kita mungkin merasa tipe ini cukup banyak di Indonesia, tapi ternyata persentasenya paling kecil yaitu 14 persen.
Vserv menggandeng Nielsen dalam penyusunan laporan tersebut. Laporan itu berdasarkan pengumpulan data pada 1.600 relawan di seluruh Indonesia selama 3 bulan.
(sumber: wicak/kompas.com, foto: hercampus.com)