Jawaban J.K. Rowling Tentang Alasan Harry Potter Memberi Nama Anaknya Severus

By Natasha Erika, Minggu, 29 November 2015 | 17:00 WIB
Jawaban J.K. Rowling Tentang Alasan Harry Potter Memberi Nama Anaknya Severus (Natasha Erika)

Penulis novel Harry Potter, JK Rowling, mengungkapkan alasan Harry Potter memberi nama salah satu anak cowoknya dari nama gurunya Severus Snape yang dikenal sangat membencinya. Salah satu pengguna Twitter ada yang bertanya kenapa anaknya tidak diberi nama dengan tokoh-tokoh yang sudah merelakan dirinya dari awal seperti Remus atau Black. Begini jawaban J.K. Rowling tentang alasan Harry Potter memberi nama anaknya dengan Severus.

" >

Lewat Twitter, Rowling menjawab pertanyaan seorang pengguna yang menanyakan alasan dia memilih nama karakter Snape yang kejam untuk anak Harry. "Snape mati untuk Harry demi cintanya pada Lily. Harry memberikan penghormatan lewat pengampunan dan rasa terima kasih," balas Rowling.

" >

Dalam buku, Snape diceritakan sebagai orang yang sangat mencintai Lily Potter. Namun, cintanya bertepuk sebelah tangan karena Lily memilih menikahi James Potter sehingga lahir Harry Potter.

Saat Lily mengandung Harry, penyihir jahat Lord Voldemort berupaya membunuhnya karena ramalan bahwa anak yang dikandung Lily akan menjadi ancaman besar baginya.

Snape sempat memohon kepada Voldemort supaya enggak membunuh Lily. Walaupun permintaan Snape tak diindahkan Voldemort, pada akhirnya Lily dan James bisa menyembunyikan diri sampai Harry lahir.

Jawaban J.K. Rowling Tentang Alasan Harry Potter Memberi Nama Anaknya Severus

Voldemort tetap mencari Lily dan saat menemukannya, ia menghabisi keluarga Potter. Beruntung Harry Potter selamat karena dilindungi mantra ibunya.

Snape juga yang menyanggupi permintaan Dumbledore untuk menjaga Harry Potter hingga dewasa meskipun dalam keseharian ia sangat membenci Harry.