4 Video Amatir Tragedi Penyerangan di Paris

By Natasha Erika, Minggu, 15 November 2015 | 17:00 WIB
4 Video Amatir Tragedi Penyerangan di Paris (Natasha Erika)

Ratusan orang tewas dan terluka akibat serangan bom bunuh diri dan penembakan di Paris, seperti ditulis di Tempo.co. Para pelaku mendesain aksi mereka di enam lokasi berbeda, seperti bar dekat Stade de France, tempat berlangsungnya pertandingan sepak bola antara Prancis dan Jerman, balai konser Bataclan, restoran Le Petit Cambodge, Rue Charonne, Avenue de la Republique, dan Rue Beaumarchais. Empat video amatir tragedi penyerangan di Paris berikut ini menunjukkan detik-detik menjelang dan setelah terjadinya penyerangan.

Sebuah video amatir yang dipercaya menampilkan detik-detik menjelang pembantaian di konser band rock asal California, Eagles of Death Metal di teater Bataclan, Paris pada Jumat (13/11) malam lalu telah beredar di Internet. Dikutip dari Rolling Stone Indonesia, akun Facebook bernama Warleaks  adalah yang pertama kali mengunggah video tersebut di sana.

Video berdurasi 15 detik yang diduga direkam dari arah penonton di bagian kiri depan panggung tersebut menampilkan cuplikan permainan dua gitaris serta drummer Eagles of Death Metal. Selang beberapa detik kemudian dari arah belakang terdengar suara rentetan tembakan di udara yang mengakibatkan sang gitaris tampak segera menyingkir dari atas panggung.

Masih dari Rolling Stone Indonesia, sementara dalam video berbeda yang direkam oleh jurnalis Le Monde Daniel Psenny yang kebetulan tinggal enggak jauh dari Bataclan, dapat disaksikan puluhan orang penonton tampak berteriak histeris meninggalkan gedung konser melalui pintu samping. Beberapa di antaranya ada yang tampak bergelantungan di tembok dan juga ada yang tersungkur di jalan sedang dievakuasi oleh beberapa orang lainnya.