Kenapa Meme Air di Mars Heboh Banget di Social Media?

By Natasha Erika, Senin, 28 September 2015 | 17:00 WIB
Kenapa Meme Air di Mars Heboh Banget di Social Media? (Natasha Erika)

Girls, kalau kita cek social media atau situs lucu seperti 9gag dan Buzzfeed hari ini pasti banyak postingan meme tentang air di Mars. Awalnya kita mungkin enggak mengerti maksud meme tersebut. Mungkin di antara kita ada yang merasa meme itu enggak lucu alias garing. Tapi kok banyak banget ya beredar? Hmm... Memangnya kenapa meme air di Mars lagi heboh banget di social media? Yuk, kita cari tahu jawabannya!

"Mars bukan planet yang kering seperti yang diduga sebelumnya," ujar Jim Green, ilmuwan NASA lain, seperti dikutip The Guardian, Senin (28/9/2015), seperti ditulis Kompas.com, girls!

Lebih lanjut ditulis di Kompas.com, sejumlah temuan NASA menunjukkan bahwa Mars basah pada masa lalu. Tahun 1970-an, NASA memotret wilayah Mars yang diduga merupakan bekas sungai dan kawasan yang sebelumnya terletak di bawah perairan.

Lalu, awal tahun ini NASA mengungkap bahwa pada masa lalu, Mars memiliki samudera. Diduga, samudera itu terletak di wilayah belahan utara.

Sejumlah temuan lain juga menunjukkan bahwa Mars bukan hanya basah pada masa lalu tetapi juga saat ini. Hampir satu dekade lalu, Mars Global Surveyor memotret tanda adanya air yang mengalir di bebatuan Mars.

Tahun 2011, MRO mengungkap tanda adanya air yang mengalir di tebing-tebing Mars pada akhir musim semi dan awal musim gugur. Tanda air itulah yang disebut RSL. Temuan kali ini mengonfirmasi bahwa Mars saat ini juga masih punya air. Hasil analisis kimia dengan teknik spektrometri (berbasis warna) menunjukkannya.

Kenapa Meme Air di Mars Heboh Banget di Social Media?