Ini Fakta Terbaru Planet Pluto Yang Belum Kita Ketahui Sebelumnya

By Natasha Erika, Senin, 13 Juli 2015 | 17:00 WIB
Ini Fakta Terbaru Planet Pluto Yang Belum Kita Ketahui Sebelumnya (Natasha Erika)

Selasa (14/7), pesawat luar angkasa NASA, New Horizons, melintas di Planet Pluto dan melihat secara dekat planet yang belum pernah dikunjungi manusia itu. Apakah ada fakta Planet Pluto yang ditemukan New Horizons?

Dikatakan situs Livemint, pesawat luar angkasa akan berpapasan dengan Planet Pluto tepatnya pada Selasa pagi, pukul 7.49 Waktu Musim Panas Timur (EDT). Rencananya, New Horizons akan mendekat ke Pluto hingga terpaut jarak sekitar 12.500 kilometer.

Itu akan menjadi pertama kalinya bagi Pluto menerima kunjungan pesawat luar angkasa bumi di planetnya. Namun, Pluto juga menjadi planet paling terakhir yang pernah didatangi oleh pesawat luar angkasa.

New Horizons sudah menempuh waktu perjalanan yang cukup lama, mengingat pesawat itu sudah diluncurkan dari Florida, AS, sejak 2006 lalu.

Ini Fakta Terbaru Planet Pluto Yang Belum Kita Ketahui Sebelumnya

Kini, pesawat itu tercatat sudah meluncur sejauh nyaris 5 miliar kilometer menuju planet Pluto. Tujuan dari penjelajahan jauh itu adalah pengumpulan data temperatur dan tekanan atmosfer Pluto yang mengandung nitrogen. NASA juga ingin melihat bagaimana gas tersebut melesak juga ke luar angkasa.

New Horizons sudah mulai mengirimkan sejumlah foto planet tersebut, yang memperlihatkan empat titik gelap pada satu sisinya. Belum diketahui apakah titik-titik itu adalah kawah permukaan, dataran tinggi, atau sekadar bayangan hasil pantulan cahaya dari permukaan datar planet itu. Terus, ada juga dua fakta Pluto yang ditemukan New Horizons!  Apa tuh ya?