Kemenkes: Pembalut Yang Mengandung Klorin Aman Digunakan

By Natasha Erika, Selasa, 7 Juli 2015 | 17:00 WIB
Kemenkes: Pembalut Yang Mengandung Klorin Aman Digunakan (Natasha Erika)

Belum lama ini, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai kandungan klorin dapat menggangu kesehatan organ intim wanita.  YLKI pun merilis hasil penelitian terhadap 9 pembalut dan 7 pantyliner. Semua sampel yang diuji mengandung klorin dengan kadar yang berbeda-beda.

Sementara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menegaskan, pembalut wanita yang mengandung klorin sejauh ini aman digunakan. Pembalut wanita maupun pantyliner yang beredar di Indonesia, telah melewati proses uji laboratorium dan mendapat izin edar.

Direktur Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Maura Linda Sitanggang mengatakan, pemakaian klorin pun tidak diatur dalam standar Internasional karena  aman digunakan.

"Ambang batas untuk klorin itu tidak dicantumkan di persyaratan internasional. Jadi, itu yang memenuhi syarat dengan ambang batas lemah. Kalau klorin dimakan baru khawatir," kata Linda di Jakarta, Selasa (7/7/2015).

Linda menjelaskan, uji sampel pembalut juga rutin dilakukan, seperti tes daya serap dan kandungan zat di dalamnya, termasuk klorin. Klorin merupakan bahan yang biasa digunakan sebagai pemutih, seperti kertas.

Menurut Linda, klorin memang bersifat sebagai racun jika dimakan. "Klorin itu yang tidak boleh, dikandung dalam makanan. Jadi, nanti akan kami klarifikasi sama YLKI kalau itu peraturan makanan, ya memang enggak boleh. Dalam SNI tidak tercantum (standar klorin), di Food and Drugs Administration (FDA) juga tidak," tegas Linda.

Masyarakat diminta untuk tidak resah dengan adanya penelitian mengenai kadar klorin pada pembalut. Linda mengatakan, semua pembalut yang telah mendapatkan izin edar, tentunya aman digunakan oleh masyarakat.

"Yang tidak boleh itu mengandung dalam pembalut. Dioxin, dalam suhu panas bisa menguap, bisa masuk ke dalam tubuh," ujar Direktur Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Maura Linda Sitanggang di Jakarta, Selasa (7/7/2015).