Anies Baswedan Kasih Bocoran Mengerjakan Ujian Nasional 2015

By Natasha Erika, Minggu, 12 April 2015 | 17:00 WIB
Anies Baswedan Kasih Bocoran Mengerjakan Ujian Nasional 2015 (Natasha Erika)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan membocorkan kiat bagi pelajar SMA yang menghadapi ujian nasional (UN). Menurut Anies, para siswa harus bisa menghadapi UN dengan strategi yang tepat.

"Kerja kerasnya harus dibatasi hingga H-1 aja," kata Anies, Kamis (9/4) lalu di Kemdikbud, Jakarta. Seperti sudah dikabarkan sebelumnya, jadwal UN 2015 untuk siswa sekolah menengah atas dan sederajat digelar pada 13-15 April 2015.

Untuk itu, dengan keterbatasan waktu, Anies mengajak kelas XII untuk menggunakan sisa waktu dengan sebaik-baiknya, yakni mempelajari ulang inti materi pelajaran.

"Jangan menggunakan sistem SKS alias sistem kebut semalam. Kalau begitu caranya, paginya nanti bisa kecapekan dan gagal mengerjakan ujian dengan baik karena mengantuk," ujarnya.

Saran Pak Menteri, teman-teman kelas XII bisa memanfaatkan juga waktu istirahat yang cukup sebelum hari H ujian. Mantan Rektor Universitas Paramadina ini menyarankan teman-teman untuk tidur selama 8 jam. "Biar keesokan paginya badan terasa lebih segar dan bisa mengerjakan soal dengan baik," lanjutnya.