Hashtag Cut4Zayn Sama dengan Hoax Cut4Bieber Tahun 2013

By Astri Soeparyono, Rabu, 25 Maret 2015 | 17:00 WIB
Hashtag Cut4Zayn Sama dengan Hoax Cut4Bieber Tahun 2013 (Astri Soeparyono)

Penasaran kenapa tiba-tiba muncul Cut4Zayn di social media? Banyak yang menduga kalau kampanye ini hoax, sama dengan hashtag Cut4Bieber tahun 2013 lalu.

(Baca juga: Internet Troll: Monster dari Dunia Maya)

Salah satu kecurigaan ini muncul karena foto-foto yang beredar sama persis dengan foto-foto yang beredar pada 2013 lalu. Baik foto-foto pergelangan tangan yang teriris, luka, atau menuliskan nama seleb tertentu dengan silet pada bagian tangan. Hampir semuanya sama, dengan perbedaan pada caption atau goresan nama yang diubah menjadi berkaitan dengan Zayn Malik. Tapi, ini semua bisa jadi hanya hasil editan.

" >

Sebuah forum di situs 4Chan dicurigai sebagai pihak yang memulai campaign ini. Di dalamnya sempat ada ajakan untuk tweet foto cutting demi Justin. Beberapa akun yang ikut meramaikan hashtag ini dengan foto juga akhirnya mengakui kalau foto-foto itu hanya hoax. Dan mereka hanya menganggapnya sebagai troll alias sindiran dan bercanda.

(Baca juga: Kalau Jadi Korban Internet Troll)

" >

Karena saking menganggu dan mengagetkannya gambar yang beredar, maka makin banyak mengundang komentar netizen. Baik yang terperangah, mengutuk, atau membuat meme yang mengejek kejadian ini.

Tapi, banyak juga Directioners yang enggak langsung percaya. Mereka memulai kampanye tandingan dengan hashtag #stayclean4zayn.