Tujuan dan Perubahan Ujian Nasional (UN) 2015

By Astri Soeparyono, Kamis, 5 Februari 2015 | 17:00 WIB
Tujuan dan Perubahan Ujian Nasional (UN) 2015 (Astri Soeparyono)

Ngomongin Ujian Nasional (UN) emang enggak ada habisnya. Selain bakal selalu ada perkembangan terbaru, tentu saja kadang ada kebijakan-kebijakan penting yang bisa ditetapkan setiap saat. Lalu sebenarnya apa sih tujuan dan perubahan Ujian Nasional (UN) 2015?

(Baca juga: Tanggal Ujian Nasional (UN) 2015)

Kepala Pusat Penelitian dan Penilaian Pendidikan Kemendikbud, Prof. Ir. Nizam mengatakan, meskipun udah enggak lagi jadi penentu kelulusan kita mesti tetap serius belajar. Soalnya yang menentukan kita lulus atau enggak ya sekolah alias guru-guru kita!

"Jadi seorang siswa setelah tiga tahun belajar itu bisa apa. Kompetensinya seperti apa? Apakah sudah mencapai standar kompetensi atau belum? Yang diukur dengan UN aspek kognitif atau pengetahuan untuk beberapa mata pelajaran tertentu yang diujikan," kata Prof. Nizam.

"Tentu saja siswa harus tetap serius belajar, karena sepenuhnya kelulusan sekolah dari sekolah. Kalau gara-gara UN enggak jadi penentu kelulusan tetap suka main-main, ya bisa enggak lulus," lanjutnya menegaskan.

(Baca juga: Ujian Nasional (UN) 2015: Tingkat Kesulitan Soal Enggak Berubah)

Tujuan dan Perubahan Ujian Nasional (UN) 2015

Kita mesti tahu nih, tujuan UN adalah untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional.

Fungsi UN Sesuai Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, Pasal 68 yaitu:

1. Pemetaan mutu program dan/atau satuan pendidikan.