5 Fakta Hutan Aokigahara yang Diceritakan di Film Horor The Forest

By Muti Siahaan, Kamis, 7 Januari 2016 | 17:00 WIB
5 Fakta Hutan Aokigahara yang Diceritakan di Film Horor The Forest (Muti Siahaan)

Hutan Aokigahara adalah hutan yang jadi sumber cerita  dari film The Forest yang baru saja tayang. Hutan yang terletak di Jepang ini dikenal sebagai hutan untuk melakukan bunuh diri. Dan banyak sekali kasus-kasus bunuh diri yang terjadi di tempat itu.  Buat yang penasaran,seperti apa hutan Aokigahara ini, cek ada beberapa fakta seputar hutan Aokigahara ini.

(foto:

(Baca juga:  5 Fakta Menyeramkan Di balik Film Horor The Forest)

5 Fakta Hutan Aokigahara yang Diceritakan di Film Horor The Forest

Hutan Aokigahara terletak di sebelah barat laut dari gunung Fuji. Hutan ini terkenal dengan pohon-pohonnya yang rapat sehingga sering disebut juga sebagai sea of tree. Hutan ini terdiri atas batu-batu vulkanik yang sulit ditembus dengan alat sederhana seperti pacul atau alat pencukil.  Pohon di hutan ini sangat rapat-rapat sehingga orang sering tersesat karena kehilangan jejak. Karena itu beberapa pendaki atau trekker yang melewati Aokigahara mulai memasang tali plastik agar enggak nyasar. Jalur yang dilewati hanya Ice Cave dan Wind Cave yang jaraknya di kilo meter pertama dari hutan saja. Namun bila masuk lebih dalam lagi sudah enggak ada tanda apa pun dan hanya sedikit tanda-tanda pernah ada manusia lewat di situ.

Kenapa hutan ini jadi tempat untuk bunuh diri? Ini berawal dari konsep jaman feodal Jepang dimana bunuh diri adalah salah satu tindakan kehormatan. Banyak samurai sering melakukan bunuh diri demi kehormatan dan harga diri. Karena itu juga yang mendasari kenapa bunuh diri cukup sering terjadi di Jepang. Walau pun sekarang sudah ada pergeseran nilai yang besar dalam alasan bunuh diri ini. Biasanya orang mencari tempat yang sepi, tersembunyi dan sulit ditemukan untuk menghakhir hidup mereka. Bagi warga Jepang, Aokigahara salah salah satu tempatnya. 

(Baca juga: Tempat Wisata Terseram di Dunia)

5 Fakta Hutan Aokigahara yang Diceritakan di Film Horor The Forest

Ada sebuah novel kontroversial yang ditulis oleh Wataru Tsurumui dengan judul The Complete suicide manual (1993) yang menggambarkan secara detail dan menjelas cara-cara bunuh diri. Salah satu rekomendasinya adalah melakukannya di Aokigahara dengan metode gantung diri. Karena ini juga banyak orang mulai berdatangan ke hutan ini untuk bunuh diri.