5 Artis Siaran Makan Atau Mukbang Korea Yang Bakal Gugah Selera Makan Kita

By Natasha Erika, Rabu, 23 Mei 2018 | 14:15 WIB
5 Artis Siaran Makan Atau Mukbang Korea Yang Bakal Gugah Selera Makan Kita (Natasha Erika)

Mukbang adalah bahasa Korea yang berasal dari kata muk-ja yaitu makan dan bang-song yaitu siaran. Mukbang adalah siaran makan. Yap! Menayangkan diri sendiri di depan kamera saat lagi makan dan ditonton ribuan penonton internet adalah salah satu tradisi unik di Korea.

Para bintang yang menampilkan diri mereka disebut sebagai broadcast jockey atau BJ. Tampil di depan kamera sambil makan ternyata jadi mata pencaharian unik yang didapat  dari stiker balon-balon bintang atau star balloons yang masing-masing berharga 0.10 Dollar AS atau setara 1.400 rupiah. Terlihat sedikit, tapi begitu ribuan penonton mengirimkan stiker, itu bisa jadi uang yang banyak. Wuih!

Siapa saja broadcast jockey makanan paling populer? Dijamin bisa menggugah selera makan kita! Ini dia 5 artis siaran makan atau mukbang Korea yang ampuh bikin kita langsung lapar dan pengen makan. He-he-he.

Mungkin kita udah enggak asing lagi dengan The Diva. Cewek yang berusia 30-an tahun ini memang mukbang paling populer di Korea. Mukbang merupakan pekerjaan penuh buatnya. Melalui donasi para penggemarnya, ia bisa menghasilkan uang sekitar 9 ribu dollar AS menurut data yang didapat Munchies pada 2015. Buat kalian yang belum sempat kepo soal The Diva, kita bisa langsung simak salah satu videonya berikut ini.

Mukbang satu ini sedikit berbeda dari yang lain. Karena ia merupakan koki terlatih, ia mempersiapkan proses membuat makanan sebagai bagian dari siarannya. Ia pun punya mimpi suatu hari bisa membuka restorannya sendiri. Sebagai seseorang yang memang mencintai dunia koki, bekerja sebagai artis mukbang merupakan hal yang sangat menyenangkan. Ia enggak pernah merasa stres selama bekerja. Serunya lagi, beberapa penggemarnya merasa terinspirasi untuk belajar memasak sejak menonton siarannya.

Ia telah mulai siaran sejak 2010. Namun pada saati itu, ia hanya menceritakan dirinya sendiri. Lalu, suatu hari, ia sedang merasa lapar dan memutuskan untuk makan di depan para penontonnya. Para penggemarnya kemudian memberi ide supaya ia membuat konsep siaran sebagai mukbang. Penggemarnya sangat suka ketika ia mengunyah ayam. "Aku enggak tahu ini bisa disebut bakat atau enggak, tapi aku sangat menikmati makan."