5 Tujuan Wisata di Indonesia Yang Populer di Tahun 2015

By Astri Soeparyono, Selasa, 29 Desember 2015 | 17:00 WIB
5 Tujuan Wisata di Indonesia Yang Populer di Tahun 2015 (Astri Soeparyono)

Kondisi menguatnya mata uang dollar AS dan semakin menguatnya penggunaan media sosial dalam mempromosikan suatu destinasi wisata, beragam destinasi wisata anti-mainstream di Indonesia pun bermunculan. Berikut 5 tujuan wisata di Indonesia yang tergolong "baru" dan populer di tahun 2015.

(foto: KOMPAS.com/FIKRIA HIDAYAT

(Baca juga: 5 Tempat Liburan Bareng Keluarga di Tangerang Selatan)

Momentum "Tambora Menyapa Dunia" berhasil membuat pandangan wisatawan Indonesia melirik ke Pulau Sumbawa. Sebuah pulau yang kalah tenar dengan saudaranya, Pulau Lombok. Padahal keduanya sama-sama berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Acara "Tambora Menyapa Dunia" sendiri diselenggarakan dalam rangka peringatan dua abad letusan Gunung Tambora (meletus pada April 1815). Saat acara tersebut berlangsung, Pulau Sumbawa tepatnya di kawasan Gunung Tambora begitu ramai dan meriah.

Gunung tersebut pun ditetapkan sebagai taman nasional. Presiden Jokowi sendiri berharap setelah "Tambora Menyapa Dunia", Festival Tambora dapat berlangsung setiap tahun dalam rangka mempromosikan pariwisata Sumbawa.

Selain Gunung Tambora, Pulau Sumbawa menyimpan potensi wisata yang memukau. Sebut saja Pulau Satonda, Pulau Kenawa, dan Pulau Moyo. Wisata alam dan budaya menjadi andalan Sumbawa.

(Baca juga: 5 Tempat Wisata Unik di Dunia)

5 Tujuan Wisata di Indonesia Yang Populer di Tahun 2015

(foto: KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA