7 Fakta Alba Amicorum, Media Sosial Mirip Facebook Yang Eksis 400 Tahun Lalu

By Natasha Erika, Kamis, 10 Desember 2015 | 17:00 WIB
7 Fakta Alba Amicorum, Media Sosial Mirip Facebook Yang Eksis 400 Tahun Lalu (Natasha Erika)

Tahukah kamu kalau media sosial seperti Facebook sudah ada sejak abad 16 atau kurang lebih 400 tahun lalu?

 

Di Liputan6.com dijelaskan, kalau kita berpikir bahwa media sosial seperti Facebook adalah hasil dari kecanggihan internet di zaman modern saat ini, maka kita salah besar. Karena ternyata manusia sudah mengenal media sosial sejak ratusan tahun lalu tepatnya pada abad ke-16. Pada abad ke-16 ada sebuah buku yang disebut "Alba Amicorum" dalam bahasa latin yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti "buku teman".

Penasaran seperti apa rupa media sosial jaman dulu? Yuk, kita cari tahu lewat 7 fakta Alba Amicorum, media sosial mirip Facebook yang eksis 400 tahun lalu.

7 Fakta Alba Amicorum, Media Sosial Mirip Facebook Yang Eksis 400 Tahun Lalu

Sophie Reinders, peneliti asal Belanda, belum lama ini mendalami tentang bagaimana buku teman jaman dahulu itu berkembang dan berfungsi sebagai media sosial di jaman modern. Menurut Sophie, Alba Amicorum digunakan untuk membangun dan memperkuat hubungan pribadi kaum remaja bangsawan di Eropa Utara pada awal 1560.

Isi buku teman umumnya adalah sharing pengalaman pribadi bisa berupa puisi, musik, curhatan atau mungkin pendapat tentang hal tertentu. Makin terlihat mirip sesuatu atau beberapa hal sejenis di masa kini bukan? He-he-he.

7 Fakta Alba Amicorum, Media Sosial Mirip Facebook Yang Eksis 400 Tahun Lalu