4 Nama Jalan di Indonesia Ini Enggak Kita Sadari Adalah Nama Pahlawan, Lho!

By Natasha Erika, Jumat, 10 November 2017 | 09:00 WIB
4 Nama Jalan di Indonesia Ini Enggak Kita Sadari Adalah Nama Pahlawan, Lho! (Natasha Erika)

Girls, kamu tinggal di jalan apa? Jangan-jangan, nama jalan tempat kamu tinggal itu sebenarnya adalah nama pahlawan nasional?

Kalau kayak Sudirman, Gatot Subroto, Ahmad Yani pasti kita udah tahu mereka pahlawan nasional. Tapi seenggaknya ada empat nama jalan yang diambil dari nama pahlawan nasional, namun ada yang enggak tahu itu nama pahlawan!

Nah, mumpung hari pahlawan kita bakal bahas  nama jalan yang sebenarnya adalah nama pahlawan nasional, nih. Penasaran kan 4 nama jalan yang diambil dari nama pahlawan nasional? Ini dia!

4 Nama Jalan di Indonesia Ini Enggak Kita Sadari Adalah Nama Pahlawan, Lho!

Jalan Aipda KS Tubun merupakan salah satu kawasan padat penduduk yang berada di jantung perbatasan Jakarta Barat dan Jakarta Pusat. Banyak orang kini lebih mengenal Jalan Aipda KS Tubun sebagai Jalan Petamburan. Padahal, Petamburan adalah nama kelurahannya bukan nama jalan sepanjang 4,0 kilometer tersebut. Jalan Aipda KS Tubun membentang mulai dari perempatan Slipi hingga kolong flyover Jatibaru. Kawasan itu tumbuh menjadi kawasan padat penduduk.

4 Nama Jalan di Indonesia Ini Enggak Kita Sadari Adalah Nama Pahlawan, Lho!

Aipda KS Tubun atau yang memiliki nama lengkap Karel Satsuit Tubun, merupakan seorang perwira polisi yang menjadi korban tragedi G30S/PKI. Padahal, Karel sama sekali bukan merupakan jenderal sasaran G30S/PKI.

Singkat cerita, Karel merupakan pengawal Wakil Perdana Menteri II Dr J Leimena. Rumah Leimena tepat di samping rumah Jenderal Abdul Haris Nasution.