8 Karya Pak Raden Yang Mungkin Belum Kita Ketahui

By Natasha Erika, Minggu, 1 November 2015 | 17:00 WIB
8 Karya Pak Raden Yang Mungkin Belum Kita Ketahui (Natasha Erika)

Walau kita enggak lahir pada era 70-an dan 80-an, kita wajib mengenal sosok pendongeng legendaris Indonesia satu ini, Pak Raden atau Drs. Suyadi. Pak Raden, pada era 70-an dan 80-an dikenal sebagai pendongeng anak-anak yang punya cara unik dalam bercerita. Salah satu karyanya yang sangat terkenal adalah Si Unyil. Tapi, selain Si Unyil, ada pula karya-karya Pak Raden lainnya yang bertujuan untuk mendidik dna menghibur anak-anak Indonesia. Yuk, kenalan lebih jauh sama Pak Raden lewat karya-karyanya!

8 Karya Pak Raden Yang Mungkin Belum Kita Ketahui

Pastinya, kalau karya Pak Raden satu ini dijamin udah kita ketahui sebelumnya. Si Unyil merupakan tokoh anak cowok yang selalu memakai peci dan sarung. Tokoh ini merupakan karya legendaris Pak Raden. Cerita Si Unyil yang pertama kali mengudara di TVRI pada 1981 ini enggak jauh-jauh dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Selain Unyil, ada pula teman-temannya Ucrit dan Usro serta Pak Raden dan Pak Ogah. Sekarang cerita Si Unyil telah diadaptasi modern menjadi Laptop Si Unyil.

Suti adalah buku pengenalan wayang kulit dan wayang orang untuk anak-anak. Buku ini merupakan salah satu karya Pak Raden yang belum sempat dipublikasikan. Buku Suti berisikan gambar-gambar Pak Raden yang menceritakan kisah pewayangan dengan gaya khasnya.

Buku 210 Tahun HC Andersen berisikan karya ilustrasi Pak Raden pada 1970 hingga 1980. Buku ini juga salah satu karya Pak Raden yang belum sempat diterbitkan ke publik.

8 Karya Pak Raden Yang Mungkin Belum Kita Ketahui