7 Situs Jual Beli Online Paling Eksis di Dunia

By Natasha Erika, Jumat, 10 Juli 2015 | 17:00 WIB
7 Situs Jual Beli Online Paling Eksis di Dunia (Natasha Erika)

Jaman teknologi seperti sekarang kita enggak perlu repot menjual atau membeli barang. Banyak situs online yang mewadahi kebutuhan kita tersebut. Apa saja situs-situs tersebut? Berikut 7 situs jual beli online paling eksis di dunia.

7 Situs Jual Beli Online Paling Eksis di Dunia

Situs Amazon merupakan salah satu pionir dari situs jual beli online dunia. Pada tahun 1992, Charles Stack membuat toko buku online pertamanya yang bernama Book Stacks Unlimited yang kini berkembang menjadi Books.com  . Situs ini menginspirasi Jeff Bezos sehingga membuat situs web bernama Amazon.com  pada dua tahun kemudian.

Sekarang, Amazon memiliki banyak produk yang di jual sehingga Amazon telah menjadi salah satu situs retail terbesar di dunia. Nama Amazon diambil dari nama salah satu sungai terbesar di dunia yang terletak di Amerika Selatan. Nama Amazon juga bisa diartikan dengan nama bangsa prajurit wanita legendaris dalam mitologi Yunani. Saat ini Amazon berkantor pusat di Seattle, Washington, Amerika Serikat.

7 Situs Jual Beli Online Paling Eksis di Dunia

JD.com atau Jingdong Mall adalah situs yang lagi naik daun karena termasuk situs jual beli online terbesar nomor dua di dunia setelah Amazon. Awalnya, Jingdong Mall adalah perusahaan trading bernamaJingdong Century Trading Co (1998). Baru pada 2004, Liu Qiangdong (alias Richard Liu) pendiri JD.com mulai menjadikan situsnya sebagai salah satu pengecer online terbesar B2C di Tiongkok. Hanya waktu itu website-nya masih bernama jdlaser.com.

Toko online ini menjual semacam alat optic, tapi tidak lama segera diverifikasi mereka penjualan alat elektronik, ponsel, komputer, dll. Jingdong Mall waktu itu mengubah nama domainnya menjadi 360buy.com pada bulan Juni 2007, dan untuk mengarah pasar anak muda, Jingdong Mall merilis JD.com di tahun 2013.

7 Situs Jual Beli Online Paling Eksis di Dunia