4 Makanan Unik Berbahan Apel Malang

By Astri Soeparyono, Rabu, 20 Mei 2015 | 17:00 WIB
4 Makanan Unik Berbahan Apel Malang (Astri Soeparyono)

Penasaran, kenapa julukan kota apel diberikan pada Kota Malang? Soalnya, Malang memproduksi banyak buah apel. Selain bisa dimakan langsung, apel juga banyak diolah jadi berbagai makanan dan camilan. Ini dia 4 makanan unik berbahan apel Malang.

(Baca juga: Manfaat Si Merah Apel Untuk Kecantikan)

4 Makanan Unik Berbahan Apel Malang

Oleh-oleh khas Malang adalah keripik buah-buahan yang banyak dibuat oleh industri rumahan. Salah satu keripik buah ini tentu saja terbuat dari apel Malang. Selain apel sebagai bahan utamanya, buah nangka, mangga, pisang dan salak menjadi varian lainnya.

4 Makanan Unik Berbahan Apel Malang

Selama ini dodol identik dengan kuliner khas Kota Garut. Tapi kalau kita berkunjung ke Malang, kita akan menemukan dodol apel. Bahan utama pembuatan dodol satu biasanya menggunakan apel jenis rome beauty yang terkenal memiliki daging buah yang tebal dengan rasa asam manis. Camilan satu ini termasuk makanan sehat karena diolah tanpa menggunakan bahan kimia seperti pengawet yang bisa mengganggu kesehatan.

4 Makanan Unik Berbahan Apel Malang

Banyak industri rumahan di Kota Malang yang memproduksi cuka apel. Bahan utama pembuatannya sudah pasti buah apel segar yang sudah diekstrak. Khasiat cuka apel adalah untuk terapi obesitas serta mengatasi masalah rambut rontok. Cuka apel mengandung potasium dan berbagai vitamin yang sangat dibutuhkan oleh metabolisme. Berbagai cara penyajian cuka apel banyak dilakukan masyarakat seperti untuk bahan pendamping salad, acar, hingga penyedap makanan. Bisa juga sebagai bahan campuran dengan air hangat atau dingin untuk sesegera di minum.

(Baca juga: Manfaat Cuka Apel Bagi Kecantikan Kulit Dan Rambut)