5 Jurusan Kuliah Yang Lulusannya Sangat Dibutuhkan di Indonesia

By Natasha Erika, Selasa, 12 Mei 2015 | 17:00 WIB
5 Jurusan Kuliah Yang Lulusannya Sangat Dibutuhkan di Indonesia (Natasha Erika)

Selain jurusan kuliah yang memang sudah populer dan banyak diminati. Tapi, tahu enggak, sih, kalau ada beberapa pekerjaan yang butuh keahlian khusus di Indonesia? Makanya, sebenarnya ada beberapa jurusan kuliah yang seharusnya peminatnya lebih banyak di Indonesia, lho. Soalnya, lulusan di bidang-bidang ini sangat dibutuhkan untuk pembangunan Indonesia. Jadi, apa saja 5 jurusan kuliah yang lulusannya sangat dibutuhkan di Indonesia?

Nilai-nilai hidup suatu bangsa bisa dilihat dari sejarahnya. Dari sejarah, kita juga belajar untuk enggak mengulangi kesalahan yang sama di masa lalu. Makanya, belajar sejarah itu sebenarnya penting. Apalagi Indonesia masih banyak nilai sejarah dan budaya yang belum digali benar. Contohnya, asal usul tarian tradisional atau alat musik tradisional. Karena catatan sejarah masa lalu kurang terekam dan terdokumentasi dengan baik, kita jadi sulit memberikan bukti bahwa benda-benda sejarah itu asli punya Indonesia. Lulusan dari jurusan kuliah ini sangat dibutuhkan, bukan?

- Universitas Gadjah Mada

- Universitas Indonesia

- Universitas Diponegoro

- Universitas Pendidikan Indonesia

Pastinya tahu dong kalau Indonesia itu terkenal sebagai negara maritim? Dengan kekuatan di bidang kelautan, Indonesia masih kurang tenaga kerja yang memang ahli di bidang itu. Banyak potensi kelautan Indonesia yang masih bisa digali dan diolah. Makanya, jurusan kuliah kelautan bisa jadi salah satu jurusan yang wajib diperhitungkan.

P