8 Tradisi Kelulusan Pelajar Indonesia dengan Amerika Serikat (Bagian 2)

By Natasha Erika, Kamis, 23 April 2015 | 17:00 WIB
8 Tradisi Kelulusan Pelajar Indonesia dengan Amerika Serikat (Bagian 2) (Natasha Erika)

Lulus SMA memang jadi momen yang seru banget dalam hidup kita. Lulus SMA jadi pertanda kalau kita bakal masuk ke dunia yang lebih luas dan lebih bebas dari sekolah alias masuk dunia kuliah. Ketika lulus, ada tradisi yang umum banget dilakukan pelajar SMA untuk merayakan selesainya proses belajar di jenjang pendidikan sekolah.

Belum lama, beredar undangan 'pesta bikini' untuk merayakan kelulusan pelajar SMA di Indonesia. 'Pesta bikini' atau lebih tepat disebut pool party merupakan salah satu tradisi perayaan kelulusan di negara-negara Barat seperti Amerika Serikat. 'Pesta bikini' di Indonesia menimbulkan kontroversi karena bukan tradisi yang umum dilakukan pelajar-pelajar di sini.

Sebenarnya, seperti apa aja sih tradisi perayaan kelulusan di Indonesia? Coba kita bandingkan dengan tradisi di Amerika Serikat, yuk. Begini 8 tradisi kelulusan pelajar Indonesia dengan Amerika Serikat.

Tradisi perayaan kelulusan pelajar di Amerika Serikat:

Eits... bukan jepret foto-foto biasa. Untuk foto-foto merayakan kelulusan, para pelajar di Amerika Serikat foto-foto dengan kostum aneh atau bahkan ada juga yang sengaja telanjang, lho! Karena punya latar belakang budaya yang bebas, pelajar di sana juga lebih cuek, berani dan vulgar.

Ini dia 'pesta bikini' yang memang sudah menjadi tradisi pelajar di sana ketika lulus. Bahkan, enggak saat lulus aja. Kalau kita sering nonton film Barat, pasti sering melihat anak orang kaya yang membuat pesta dengan tema kolam renang. Umumnya, orang-orang yang datang ke pesta itu akan berpakaian bikini dan bersantai di kolam renang atau sekitarnya.