Selain Indonesia, Ini 10 Negara Yang Juga Peringati Hari Kartini (Bagian 2)

By Natasha Erika, Senin, 20 April 2015 | 17:00 WIB
Selain Indonesia, Ini 10 Negara Yang Juga Peringati Hari Kartini (Bagian 2) (Natasha Erika)

Enggak cuma di Indonesia Hari Kartini diperingati. Tapi, ada beberapa negara lain yang turut mengingat dan merayakan perjuangan kece Ibu Kartini untuk semua perempuan di Indonesia. Selain Indonesia, ini 10 negara yang juga memperingati Hari Kartini.

Selain Indonesia, Ini 10 Negara Yang Juga Peringati Hari Kartini (Bagian 2)

Untuk memperingati Hari Kartini, sejumlah TKI di Taiwan menggelar kegiatan seperti pagelaran busana pakaian  adat Jawa. Kebudayaan Jawa yang melekat pada diri Kartini turut dilestarikan dalam lomba nyanyi bahasa Jawa atau permainan musik tradisional Jawa.

KBRI di Nigeria tepatnya di Abuja juga turut memeriahkan acara Kartini. Warga Indonesia yang tinggal di sana memperingati Kartini dengan menggelar acara kuliner khas Indonesia yang diselingi dengan pertunjukan seni khas Indonesia juga.

Perayaan emansipasi wanita juga sampai di Mesir, lho! Mengangkat tema yang berbeda tiap tahun, beberapa kegiatan dilakukan untuk menunjukkan kreativitas wanita dalam berbagai bidang terutama seni. Beberapa perlombaan dibuat seperti merangkai bunga dan kreasi menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini.

Acara seru yang dibuat KBRI Yunani adalah mengadakan serangkaian acara dengan menginap di kota tua Yunani yaitu Olympia. Selain memperingati hari lahir Kartini, acara itu juga diselenggarakan untuk memperkenalkan bangunan bersejarah di Yunani kepada warna Indonesia yang tinggal di sana.