Selain Indonesia, Ini 10 Negara Yang Juga Peringati Hari Kartini

By Natasha Erika, Sabtu, 21 April 2018 | 08:00 WIB
Selain Indonesia, Ini 10 Negara Yang Juga Peringati Hari Kartini. Foto: kompas.com (Natasha Erika)

Enggak cuma di Indonesia Hari Kartini diperingati. Tapi, ada beberapa negara lain yang turut mengingat dan merayakan perjuangan kece Ibu Kartini untuk semua perempuan di Indonesia. Selain Indonesia, ini 10 negara yang juga memperingati Hari Kartini.

KBRI di Den Haag, Belanda bekerja sama dengan Yayasan Hibiscus menggelar Festival Budaya Indonesia untuk memperingati jasa Ibu Kartini. Di festival ini, terdapat penampilan kebudayaan khas Indonesia seperti alat musik tradisional dan pertunjukan tari. Selain itu, dahulu Kartini juga mempunyai hubungan dekat dengan Belanda. Sehingga, ada pula jalan di Belanda yang mengabadikan namanya sebagai Jalan Kartini. Wuih...

Selain Indonesia, Ini 10 Negara Yang Juga Peringati Hari Kartini. Foto: kompas.com

Didukung Garuda Indonesia dan Konsulat Jenderal RI Melbourne, masyarakat Indonesia yang tinggal di Melbourne, Australia, turut memperingati Hari Kartini dengan mengadakan bazaar besar bernama Garuda Indonesia Street Festival. Acara yang menampilkan tarian dan kesenian Indonesia ini enggak cuma dihadiri orang Indonesia, lho. Tapi juga warga lokal di sana.

Beberapa tahun lalu, wanita Indonesia memperingati Hari Kartini dengan mendaki Gunung Kinabalu Malaysia menggunakan kebaya. Petualangan seru ini dinamakan Ekspedisi Women Across Borneo.

Di Swiss juga ada perayaan untuk Ibu Kartini. Lembaga Persahabatan Indonesia Swiss atau Verein Indonesia Swiss menggelar serangkaian acara bernama Hari Kartini. Selain untuk mengingat dan mengenang jasa kartini, acara ini digelar juga untuk memperkenalkan sejarah bangsa Indonesia kepada dunia luar.