Fakta Yang Terjadi Pada Tubuh Kita Karena Stress

By Marti, Selasa, 1 Juli 2014 | 16:00 WIB
Fakta Yang Terjadi Pada Tubuh Kita Karena Stress (Marti)

Pasti dong kita pernah merasa stress. Tapi tahu enggak ternyata stress ada efeknya lho sama tubuh kita. Walau aneh, pakar medis Nancy Molitor Ph.D, Profesor Psikiatris Universitas Northwestern Sekolah Kedokteran Feinberg kalau cewek paling rentan mengalami masalah fisik saat stress! Fakta apa saja sih yang bakal terjadi di tubuh kita saat stress?

Setiap kali stress, umumnya kita bisa sakit perut. Pas lagi stress, gastrik atau asam lambung kita meningkat lebih banyak. Makanya kita lebih mudah sakit perut akibat maag dan diare. Hal ini normal. Soalnya setiap kita sakit perut, mual dan muntah pas lagi stress artinya otak kita lagi melepas hormone endorphin supaya lebih nyaman.

Fakta Yang Terjadi Pada Tubuh Kita Karena Stress

Sakit perut pemicunya bukan hanya PMS lho!

Stress yang lebih dari tiga atau enam bulan biasanya bisa menyerang rambut. Gara-gara kita stress, rambut kita rontok. Jumlah kerontokan beragam, adanya yang normal atau kurang dari 100 lembar per hari ada juga yang parah sampai terlihat botak! Alasan kita rontok ternyata tubuh kita lagi kerjakeras melepas hormon seks andogren yang levelnya tinggi banget. Hormon ini fungsinya bikin mood kita kembali seimbang dan stress berkurang.

Fakta Yang Terjadi Pada Tubuh Kita Karena Stress

Kalau jumlah rambut rontok masih di bawah 100 helai per hari artinya normal.

Baca juga: Beauty Habits Untuk Mencegah Rambut Rontok

Saat area mata kita merasa berkedutan, jangan langsung menghubungkan dengan mitos. Bisa jadi kita sedang mengalami stress. Biasanya saat stress, mata kita berkedutan selama lima menit. Kabarnya hal ini normal, tapi ilmuwan ngaku kalau belum ada alasan tepat kenapa mata kita bisa seperti ini setiap stress.