Jenis-Jenis Jaket Yang Harus Kita Ketahui

By Marti, Selasa, 14 Januari 2014 | 16:00 WIB
Jenis-Jenis Jaket Yang Harus Kita Ketahui (Marti)

Sekarang, jaket enggak hanya sekadar item pelengkap yang dipakai saat hujan atau cuaca dingin aja. Bahkan, jaket sudah jadi key item yang bisa membuat penampilan kita jadi lebih keren. Jaket ini juga banyak jenisnya, lho. Cari tahu yuk jenis-jenis jaket apa aja yang harus ada di lemari kita.

Jaket parka biasanya berpotongan besar dan panjang mencapai lutut serta dilengkapi hoodie yang akan melindungi kita dari angin dan cuaca dingin. Makanya, jaket parka ini cocok banget dipakai di musim penghujan seperti sekarang. Biasanya, jaket ini terbuat dari bahan yang tahan air. Beberapa parka dilengkapi risleting tapi ada juga yang berupa sweter.

Disebut juga flight jacket karena awalnya dipakai oleh para pilot. Jaket ini mulai jadi tren fashion sehak tahun 1970-an, terutama oleh remaja. Di tahun 1990-an, jaket yang biasanya terbuat dari bahan tebal ini kembali tren dan jadi icon musisi hip hop. Sejak saat itu, bomber jacket jadi item wajib kalau kita pengin bergaya hip hop.

Duffle coat merupakan coat yang terbuat dari bahan wol dan biasanya berpotongan lurus. Duffle atau disebut juga Duffel merupakan nama provinsi di Belgia tempat material ini berasal. Duffle coat umumnya berwarna polos tapi ada juga yang memakai motif tartan. Ciri khasnya adalah ada kantong berukuran besar di bagian depan dan ada empat atau enam kancing di depan dada. Biasanya panjang coat ini mencapai lutut. Karena terbuat dari bahan wol, makanya coat ini hangat banget.

Tentunya sudah tahu dong dengan jenis jaket yang terbuat dari bahan leather atau kulit ini. Buat yang suka tampilan edgy dan sporty, harus punya jaket ini, girls. etika awal kemunculannya dulu, leather jacket jadi bagian dari tren musik punk, gothic, dan metal. Tapi, sekarang siapa aja bisa memakai jaket ini. Selain hangat, leather jacket juga membuat kita tampil stylish. Sekarang, ada leather jacket yang terbuat dari kulit sintetis sehingga enggak membahayakan binatang.

Disebut juga pea jacket yang umumnya berwarna biru atau navy. Soalnya, awalnya jaket ini dipakai oleh Angkatan Laut Eropa dan Amerika. Ciri khas jaket ini adalah kerah yang rendah mencapai dada dan memiliki aksen double serta memiliki kancing. Jaket ini sudah ada sejak lama banget, tepatnya tahun 1720. Jaket ini cocok untuk kita yang suka bergaya klasik karena potongannya yang lurus.