5 Bahan Berbahaya di Dalam Shampo yang Perlu Kita Tahu

By Astri Soeparyono, Selasa, 4 November 2014 | 17:00 WIB
5 Bahan Berbahaya di Dalam Shampo yang Perlu Kita Tahu (Astri Soeparyono)

Shampo adalah salah satu bahan kosmetik yang hampir dipakai oleh semua orang. Enggak cuma cewek, cowok pun pasti pakai shampo untuk membersihkan rambut mereka. Dalam pembuatannya shampo memakai banyak bahan-bahan kimia, either it is good or bad for our healty. Tapi ada beberapa bahan yang bener-bener bahaya jika kita pakai terus menerus dalam waktu lama. Coba cek lagi apakah shampo kita mengandung 5 bahan berbahaya ini, kalau iya sebaiknya ganti shampo kita dengan yang tidak mengandung 5 bahan ini dan juga cari shampo yang lebih banyak mengandung bahan alami.

(Baca juga : 98 Produk Sampo dan Sabun Mengandung Kimia Berbahaya yang Bisa Bikin Kanker)

Sulfat adalah musuh besar rambut kita. Baik yang berbentuk sodium lauryl sulfate atau Sodium Laureth Sulfate, keduanya dapat merampas kelembaban alami rambut kita. Makanya bahan ini bisa bikin rambut kita kering.

5 Bahan Berbahaya di Dalam Shampo yang Perlu Kita Tahu

Enggak jauh berbeda sama sulfat, alkohol bisa bikin rambut kita kering. Tapi sepertinya hampir semua shampo mengandung alkohol, untuk mengatasinya kita bisa cari shampo yang kandungan alkoholnya paling sedikit.

(Baca juga : No More Bad Hair Day)

Beberapa shampo masih mengandung bahan berbahaya seperti formalin. Bahan ini buruk banget buat kesehatan rambut kita, apa lagi kita menggunakannya berulang-ulang dalam waktu yang lama.

5 Bahan Berbahaya di Dalam Shampo yang Perlu Kita Tahu