Akibat Terlalu Sering Memencet jerawat

By Astri Soeparyono, Selasa, 9 September 2014 | 16:00 WIB
Akibat Terlalu Sering Memencet jerawat (Astri Soeparyono)

Memang sih kita suka gemes sama jerawat yang sudah matang di wajah. Rasanya pengen mencet biar si jerawat buru-buru ilang dari wajah kita. Tapi ternyata hal tersebut justru merupakan kesalahan terbesar untuk menghilangkan jerawat. Nih, kita wajib tahu akibat terlalu sering memencet jerawat.

(Baca juga: Tips Basmi Jerawat Dalam 24 Jam)

Yup, ini benar lho bukan sekadar mitos. Soalnya, telapak tangan merupakan sarang berkumpulnya bakteri. Jadi, ketika kita menyentuh wajah dalam kondisi belum cuci tagan, ya siap-siap deh bakteri tersebut pindah ke kulit wajah kita. Bakteri tersebut akan membuat penyumbatan di pori-pori wajah yang mengundang jerawat lainnya untuk tumbuh di wajah kita.

(Baca juga: Penyebab Jerawat di Punggung)

Iritasi pada kulit wajah akan membuat wajah kemerah-merahan. Bahkan merahnya pun akan seperti bekas luka karena efek tekanan tangan pada kulit wajah yang terlalu keras. Lebih hati-hati ya girls, kasihan kan kulit wajah kita.

Bekas jerawat akibat memencet jerawat enggak sekadar noda hitam, lho. Bekas jerawat yang ditimbulkan bisa berupa bolongan kecil pada wajah. Hal ini diakibatkan oleh struktur wajah yang rusak. Kalau sudah bolong, kulit kita akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk beregenerasi seperti sedia kala.