6 Ciri Kulit yang Sehat

By Astri Soeparyono, Senin, 11 Agustus 2014 | 16:00 WIB
6 Ciri Kulit yang Sehat (Astri Soeparyono)

Punya tubuh yang sehat dengan cara praktis dan murah bukan hal yang enggak mungkin dilakukan di rumah. Yang penting, kenali dengan baik jenis kulit kita, jadinya kita enggak salah melakukan perawatan, terutama dalam pemilihan bahan dan langkah-langkahnya.

Ada empat jenis kulit, yaitu kering, normal, berminyak, dan kombinasi. Dalam kasus yang ekstrem, kulit kering bisa membuat kita sangat sensitif terhadap matahari, angin, dan suhu udara yang dingin.

(Baca juga: Rahasia Kulit Sehat dari Bridgit Mendler)

Bila kulit kita tergolong kering, bersihkan wajah sehari sekali dengan pembersih yang mengandung krim kental dan bilas dengan air hangat. Hindari mandi dengan air panas, cukup dengan air hangat saja. Hindari pula mandi berlama-lama, karena bisa membuat minyak dalam kulit hilang. Sebaiknya, pilih sabun mandi yang tidak terlalu kuat agar minyak di kulit tidak ikut terbuang. Jangan lupa, gunakan pelembap tubuh yang sesuai jenis kulit.

Sementara, kulit berminyak gampang "bersinar" kembali sesaat setelah dibersihkan. Selain itu, kulit berminyak juga rentan terhadap jerawat dan komedo. Teksturnya pun lebih kasar dibandingkan jenis kulit yang lain. Sementara, kulit normal cenderung enggak bermasalah. Karena enggak berminyak atau kering, sehingga terbebas dari noda.

(Baca juga: Tipe Scrub Sesuai Jenis Kulit untuk Kulit Sehat Bersinar)

Berbeda lagi, kulit sensitif sangat mudah pecah. Penyebab timbulnya masalah pada kulit sensitif biasanya lingkungan, misalnya debu, kotoran, sinar matahari, dan sebagainya. Lalu, kulit dengan jenis kombinasi merupakan gabungan dari kulit kering dan berminyak.

Nah, kalau kita sudah melakukan semua perawatan tersebut, nantinya kulit yang sehat pasti bisa kita miliki. Berikut ini adalah ciri-ciri kulit yang sehat:

1.    Memiliki warna cerah yang sesungguhnya.