Rahasia Kulit Sehat dengan Toner, Essence, Serum, dan Lotion

By Marti, Senin, 30 April 2018 | 11:15 WIB
Cleansing milk yang bikin wajah lembut dan cerah (Marti)

Semakin ke sini, jenis perawatan kulit semakin beragam dan banyak aja. Apalagi sekarang kiblat skincare sudah berubah, yang tadinya dari Eropa atau Amerika, berganti jadi Korea dan Jepang.

Mulai dari dianjurkannya memakai toner, serum, essence, emulsion, sampai lotion. Aduuuh...sebenarnya perbedaan itu semua apa, sih? Dan fungsinya apa aja, ya?

Kita lihat yuk perbedaan dan fungsinya supaya enggak salah pakai.

Umumnya toner ini berbentuk cair dan transparan. Baunya enggak menyengat. Toner biasanya digunakan setelah kita mencuci muka.

Cukup memakai 2-3 tetes (teteskan di telapak tangan atau kapas) dan diusapkan ke wajah dengan merata, lalu biarkan meresap. Toner ini berguna menyegarkan kulit wajah dan menyingkirkan sel kulit mati.

Setelah memakai toner, 10-15 menit kemudian kita bisa lanjutkan dengan memakai essence. Essence ini terbuat dari sari-sari buah yang berguna untuk mempercepat regenerasi kulit kita, sehingga kulit kita akan menjadi lebih cerah.

Essence ini lebih mudah meresap ke kulit karena sifatnya lebih ringan dari lotion. Aplikasikan ke seluruh wajah dengan merata dan biarkan sampai meresap.

Beda lagi dengan serum yang konsentrasinya lebih padat dari essence. Serum ini biasanya dikemas dalam bentuk ampule (tube kecil) untuk digunakan per hari.

Jadi kita enggak perlu kira-kira lagi sebanyak apa yang harus kita pakai setiap harinya. Pakai serum secukupnya setelah essence meresap.