Kebiasaan Yang Bikin Kulit Kering

By Astri Soeparyono, Rabu, 11 Juni 2014 | 16:00 WIB
Kebiasaan Yang Bikin Kulit Kering (Astri Soeparyono)

Niatnya ingin merawat kulit agar selalu sehat, tapi tanpa sadar yang kita lakukan justru membuatnya semakin kering. Nah, perhatikan kebiasaan-kebiasaan kita yang bikin kulit kering.

Setelah mandi, kita mengeringkan tubuh dengan handuk keras-keras. Sebaiknya, keringkan tubuh dengan handuk se­cara perlahan saja, sehingga kelembapan tubuh tetap terjaga.

Selalu mandi dengan air panas. Untuk melembapkan tubuh usai mandi air hangat, oleskan minyak kelapa ke tubuh sesaat setelah mandi. Saat itulah, minyak kelapa lebih mudah diserap kulit.

Berada di ruangan ber-AC dalam jangka waktu lama. Kalau memang harus selalu berada di dalam ruangan, siapkan pelembap kulit. Oleskan ke tangan dan kaki secara teratur setiap hari.

Terlalu sering mengelupas kulit dengan berbagai perawatan. Idealnya, pengelupasan kulit mati dilakukan satu atau dua kali saja dalam seminggu. Jika kulit berminyak, lakukan seminggu sekali. Untuk kulit kering, lakukan 1-2 kali seminggu.

Menggunakan scrub yang keras, karena akan membuat kulit iritasi. Yang lebih parah adalah ketika men-scrub wajah pada pagi hari, karena itu artinya kita mengelupas minyak alami pada kulit sebelum beraktivitas.