Manfaat Cuka Untuk Kecantikan

By Marti, Jumat, 3 Januari 2014 | 16:00 WIB
Manfaat Cuka Untuk Kecantikan (Marti)

Pernah kepikiran enggak, girls, kalau cuka yang biasa kita gunakan untuk melezatkan makanan mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan? Mulai dari rambut, kulit, sampai kuku, semua bisa merasakan manfaat dari cuka ini. Yuk ambil sebotol cuka dan gunakan sebagai sahabat baru untuk beauty habit kita.

Cuka bisa membuat rambut jadi lebih bersih ketimbang keramas biasa aja, girls. Dengan menambahkan cuka ke dalam air yang kita gunakan untuk membilas rambut sehabis keramas, cuka akan membersihkan sisa sampo dan kotoran yang masih menempel di rambut. Akibatnya, rambut akan lebih bersinar.

Enggak perlu banyak-banyak, cukup mencampurkan beberapa tetes cuka ke dalam segayung air aja, kok. Atau, kita bisa mengusapkan cuka ke akar rambut disertai pijatan di kulit kepala. Rambut pun akan jauh lebih bersih, bebas ketombe, kuat, lembut, dan bercahaya, deh.

Pengin punya kuku panjang tapi susah mendapatkannya karena kuku kita rapuh sehingga mudah patah? Tenang, girls. Kita bisa menggunakan cuka untuk mengatasi hal ini. Kita bisa merendam kuku dalam cuka selama beberapa menit lalu keringkan. Cara ini juga bisa kita lakukan sebelum melakukan nail art. Dan, kuku pun akan tetap sehat meski sering menggunakan kuteks.

Toner kita kebetulan habis? Jangan panik, girls. Yuk pinjam cuka dari dapur mama, he-he-he. Cuka mengandung pH seimbang yang bisa menggantikan toner saat membersihkan wajah. Cukup dengan menggunakan dua sendok makan cuka yang dicampur ke dalam secangkit air, kita bisa mengusapkan toner ini ke wajah. Atau kita bisa menyemprotkan cairan tersebut langsung ke wajah dan biarkan mengering dengan alami. Cara ini terbukti mampu membuat kulit tetap lembab sepanjang hari.

Pengin menghilangkan jerawat dengan cepat, murah, dan alami? Tinggal membuat masker yang terdiri dari campuran tepung, madu, dan cuka, girls. Lalu, tinggal diletakkan di daerah yang ditumbuhi jerawat, deh. Biarkan sepanjang malam lalu bilas keesokan harinya. Cara ini mampu mempercepat proses peradangan dan menghilangkan kulit yang memerah karena jerawat. Simpel, kan?

Selain untuk keramas, cuka juga bisa digunakan sebagai teman mandi. Kita tinggal menambahkan sebotol cuka ke dalam air mandi. Campuran cuka bisa menghapus kotoran dan bakteri yang melekat di kulit. pH yang dimiliki cuka akan membuat kulit jadi tambah lembut, girls.