Peneliti Menemukan Penyebab Konflik Komunikasi Antara Cowok dan Cewek

By Astri Soeparyono, Rabu, 16 Desember 2015 | 17:00 WIB
Peneliti Menemukan Penyebab Konflik Komunikasi Antara Cowok dan Cewek (Astri Soeparyono)

Para peneliti di Edinburgh University, Skotlandia, menemukan penyebab utama konflik komunikasi antara cowok dan cewek. Dan bisa jadi merupakan akar masalah yang sering membuat cowok dan cewek salah paham. Apakah penyebab utama ini?

(foto: hercampus.com)

(Baca juga: Alasan Ilmiah Kenapa Cewek Senang Dipanggil 'Sayang'

Para peneliti menyimpulkan kalau, cowok kurang mampu membaca ekspresi wajah. Ini yang membuat mereka seperti kurang peka. Ketidakmampuan ini bisa jadi "akar" dari masalah komunkasi antara cowok dan cewek. Salah satunya adalah ketika cewek sedang kesal tapi enggak mengungkapkannya secara verbal, tapi lewat ekspresi jengkel atau ngambek. 

Para peneliti menganalisa kemampuan menangkap arti ekspresi dengan cara memetakan otak cowok dan cewek. Saat diperlihatkan sejumlah foto dengan ragam ekspresi. Seluruh responden, cowok dan cewek, diminta untuk mendefinisikan masing-masing ekspresi dalam foto tersebut. Kemudian, jawaban yang diberikan oleh responden diukur berdasarkan akurasi dan kecepatan menjawab. 

(Baca juga: Perbedaan Otak Cowok dan Cewek - KAWANKU

Peneliti Menemukan Penyebab Konflik Komunikasi Antara Cowok dan Cewek

(foto: en.rocketnews24.com)

 

Kemudian, hasil studi juga menyebutkan kalau mayoritas cowok kurang bisa berempati, berpura-pura, dan menerjemahkan reaksi sosial lewat ekspresi dibandingkan cewek.