Alasan Ilmiah Kenapa Cewek Senang Dipanggil 'Sayang'

By Astri Soeparyono, Rabu, 16 Desember 2015 | 17:00 WIB
Alasan Ilmiah Kenapa Cewek Senang Dipanggil 'Sayang' (Astri Soeparyono)

Menurut peneliti, panggilan 'sayang' punya efek positif signifikan di otak cewek, seperti dirilis situs Psychology Today. Apa sebabnya? Ini dia alasan ilmiah kenapa cewek senang dipanggil sayang. 

(foto: tumblr.com)

(Baca juga: Fakta Ilmiah Paling Unik Soal Sakit Hati Karena Cinta)

Menurut para peneliti, panggilan mesra ini efektif dalam melepas hormon oksitosin di tubuh cewek, yang menghasilkan perasaan bahagia dan hangat. Cewek yang sering dipanggil 'sayang' terbukti jarang mengalami stres dan lebih ikhlas dalam menghadapi tantangan hidup. Makanya, 'sayang' dianggap sebagai kata positif yang memberikan dampak baik pada cewek. 

"Panggilan 'sayang' menciptakan dopamin yang membuat kecanduan mendengar panggilan tersebut. Lalu, efek neurochemicals seperti oksitosin dan vasotosin, hormon cinta, membantu pasangan untuk membangun hubungan yang penuh cinta, kasih, dan loyalitas," jelas laporan Psychology Today.

(Baca juga: Inilah Alasan Ilmiah Cowok Sebenarnya Makhluk Yang Lemah)

Alasan Ilmiah Kenapa Cewek Senang Dipanggil 'Sayang'

(foto: teen.com)

 

Penjelasan ini didukung oleh artikel situs Tech Knowledge, kata-kata positif dan negatif, memiliki efek terhadap energi tubuh, termasuk semangat dan motivasi. Orang yang sering mendengar kata 'tidak' cenderung lebih mudah stres, daripada mereka yang mendengar kata 'ya' dan 'sayang.'