Tipe dan Gaya Pacaran Dipengaruhi Hormon (Bagian 1)

By Astri Soeparyono, Senin, 13 Oktober 2014 | 16:00 WIB
Tipe dan Gaya Pacaran Dipengaruhi Hormon (Bagian 1) (Astri Soeparyono)

Menurut hasil penelitian Dr Helen Fisher, pakar anthropologi biologi Amerika Serikat, gaya pacaran cowok dan cewek dipengaruhi hormone di dalam tubuh. Penelitiannya menunjukkan kalau kebersamaan pasangan sangat dipengaruhi kehadiran chemistry alias zat kimia berupa hormon.

Ia menemukan ada empat hormon yang paling dominan dalam otak manusia yaitu dopamin, serotonin, estrogen dan testosteron. Ia juga menemukan keunikan tipe kepribadian berdasarkan hormon yang paling dominan tersebut.

(Baca juga:  Mitos Seks yang Dipertanyakan Remaja)

Alias si penjelajah. Tipe ini lebih banyak didominasi hormon dopamin yaitu hormon yang berhubungan dengan gairah, mood, stamina, dan konsentrasi. Tak heran tipe explorer biasanya cenderung menyukai hal-hal baru, aktivitas menantang, senang mengambil risiko dan penuh spontanitas dalam menjalani hidup.

 

Tipe dan Gaya Pacaran Dipengaruhi Hormon (Bagian 1)

Tipe pembangun hubungan ini sangat didominasi hormon serotonin. Seperti kita tahu, hormon serotonin dikenal sebagai hormon penenang. Keberadaan hormon ini, sangat membantu memperbaiki suasana hati dan menahan rasa sakit. Itu sebabnya, tipe builder biasanya terlihat selalu kalem, teliti, setia, dan cenderung hati-hati.

 

(Baca juga: 8 Alasan Kita Enggak Boleh Melakukan Hubungan Seks Sebelum Nikah)