5 Manfaat Mandi untuk Kesehatan

By Astri Soeparyono, Rabu, 9 Desember 2015 | 17:00 WIB
5 Manfaat Mandi untuk Kesehatan (Astri Soeparyono)

Mandi bisa menyegarkan tubuh dan menenangkan pikiran. Selain itu, menurut jurnal Complementary Therapies di Medicine, berendam dalam air hangat setiap hari selama delapan minggu lebih efektif meredakan kecemasan daripada obat resep. Ini dia 5 manfaat mandi untuk kesehatan kita.

(foto:

(Baca juga: 5 Hal yang Wajib Kita Lakukan Waktu Mandi)

Mandi air hangat dengan beberapa sendok makan minyak zaitun atau kelapa dapat membantu meredakan rasa  gatal dan melembutkan kulit bersisik yang disebabkan oleh psoriasis.

"Minyak bertindak sebagai pelembab, membantu menghilangkan sisik dan membuat kerentanan  kulit terhadap infeksi jadi berkurang," jelas Abby Jacobson, anggota dewan medis National Psoriasis Foundation.

Hanya saja, enggak baik berlama-lama di bak mandi lebih dari 10 menit setiap hari karena cenderung dapat mengeringkan kulit.  Gunakan kain yang lembut untuk membersihkan tubuh, bukan menggosok dengan loofah karena ini dapat membuat kulit semakin meradang. Setelah berendam, aplikasikan krim pelembap ke seluruh bagian kulit.

(Baca juga: Tips Merawat Kulit Sehat Yang Benar Saat Mandi)

Oatmeal dikenal sebagai penenang kulit selama berabad-abad, tapi baru-baru ini saja peneliti mengetahui kandungan zat avenanthramides di dalam gandum sebagai senyawa utama yang dapat menenangkan kulit yang meradang dan gatal.

Campurkan air mandi dengan oatmeal lalu berendamlah di dalamnya selama 15-20 menit. Atau gosok badan dengan oatmeal kemudian bilas sampai bersih.

(Baca juga: Alasan Kenapa Mandi Setiap Hari Enggak Sehat Untuk Kulit)