4 Pelajaran Tentang Keberanian dari Juliette Haming

By Astri Soeparyono, Rabu, 14 Oktober 2015 | 17:00 WIB
4 Pelajaran Tentang Keberanian dari Juliette Haming (Astri Soeparyono)

Juliette Haming, 11, adalah cewek pertama yang pernah bermain football bersama dengan cowok-cowok di Catholic School Athletic Association. Bagi beberapa orang bermain bersama cowok-cowok yang secara fisik punya badan lebih besar dan lebih berpengalaman dengan permainan lapangan mungkin bakal jadi mengintimidasi. Tapi, enggak bagi Juliette yang merasa ini tantangan tersendiri. Ini dia 4 pelajaran tentang keberanian dari Juliette Haming.

Ini dia poin yang bisa memberi kita semangat ketika harus berani memutuskan atau melakukan sesuatu. Ingat fokus utama kita itu apa, ingat tujuan utama kita itu apa. Juliette sering mendengar orang lain mengatakan kalau ia hendak membuktikan sesuatu, tapi sebenarnya alasan utamanya bukan itu. "Alasan utamanya adalah karena aku belum pernah mencobanya dan aku ingin bermain semua olahraga untuk tahu apa yang aku suka sesungguhnya."

4 Pelajaran Tentang Keberanian dari Juliette Haming

"Beberapa cowok pernah bilang, 'Kamu enggak kuat. Kamu enggak bisa melakukan hal seperti kita.' Tapi aku enggak pernah setuju dengan hal itu." Bayangin, kata-kata itu muncul dari cewek 11 tahun. Kita yang mungkin lebih tua darinya harus lebih percaya pada diri sendiri. Harus bisa yakin kalau kita bisa dan mampu melakukan hal yang mungkin dianggap mustahil oleh orang lain.

4 Pelajaran Tentang Keberanian dari Juliette Haming

4 Pelajaran Tentang Keberanian dari Juliette Haming