7 Cara Supaya Enggak Tertipu Saat Belanja Online

By Astri Soeparyono, Minggu, 4 Oktober 2015 | 17:00 WIB
7 Cara Supaya Enggak Tertipu Saat Belanja Online (Astri Soeparyono)

Sekarang, enggak perlu repot-repot lagi pergi ke toko buat beli sesuatu. Cukup dengan internet, udah bisa berbelanja. Walau gampang, kita harus hati-hati, soalnya modus kejahatan juga ikut berkembang. Penipuan melalui online shopping juga banyak banget. Simak, deh, 7 cara supaya enggak tertipu saat belanja online, ini.

(Baca juga: 4 Jenis Toko Online yang Perlu Kita Tahu)

Sebelum memulai berbelanja online, cari tahu dulu, dimanakah website jual-beli yang terpercaya. Coba browsing dengan seksama. Pelajari, bagaimana cara kerjanya.

Ada banyak e-commerce yang punya jaringan internasional  dan diakui keamanannya bisa jadi pilihan. Ebay adalah salah satu produk internasional yang sudah masuk ke Indonesia. Ada juga jd.id yang merupakan jaringan dari jd.com, commerce ternama dari negeri China.

Jangan terlalu tergiur dengan harga yang terlalu miring atau murah, karena harga yang terlalu murah itu patut dicurigai. Soalnya harga pasti sesuai dengan kualitas, dan nggak mungkin seorang penjual menjual barangnya terlalu murah, karena jelas-jelas itu akan merugikan mereka, Hal ini yang patut diwaspadai sekali di commerce berbentuk marketplace. 

(Baca juga: 7 Situs Jual Beli Online Paling Eksis di Dunia)

7 Cara Supaya Enggak Tertipu Saat Belanja Online

Kalau ingin membeli suatu produk, sebaiknya browsing dulu mengenai produk yang ingin dibeli. Agar kita lebih mengenal tentang produk tersebut, dan apa saja kelengkapan yang disertakan oleh produk tersebut jika kita membelinya. Jd.id, memberikan informasi lengkap seputar sebuah produk. Mulai dari spesifikasi, foto produk dan kelengkapannya, untuk jadi bahan perbandingan. Sehingga pembeli bisa mencocokkannya dengan info yang didapat di luaran.