Apa Yang Terungkap dari Usia Pertama Kali Menstruasi Tentang Diri Kita?

By Astri Soeparyono, Minggu, 27 September 2015 | 17:00 WIB
Apa Yang Terungkap dari Usia Pertama Kali Menstruasi Tentang Diri Kita? (Astri Soeparyono)

Girls, tahukah kamu kalau momen kita mengalami menstruasi pertama kali dipengaruhi oleh berbagai faktor? Contohnya, hormon, berat badan, asupan gizi, bahkan lingkungan sekitar kita. Berlandaskan faktor-faktor tersebut, para peneliti berhasil menemukan beberapa hal tentang kehidupan cewek berdasarkan usia mereka mengalami menstruasi pertama kali. Apa yang terungkap dari usia pertama kali menstruasi tentang diri kita?

Untuk menambah pengetahuan, kita wajib tahu istilah pertama kali menstruasi disebut sebagai menarche (baca: men-ar-kee). Umumnya, usia menarche yang normal adalah 12 dan 13 tahun. Nah, menurut kumpulan penelitian yang ditampilkan dalam Psychology Today, kurangnya perhatian, dukungan, sensitivitas dan keamanan emosional dari orangtua dapat memicu munculnya pubertas pada anak cewek.

Enggak hanya masalah keluarga yang mungkin mempengaruhi momen pubertas kita, bisa juga masalah fisik dan kesehatan saat masih kanak-kanak. Menurut sebuah penelitian di Inggris yang melibatkan 80 ribu cewek, pubertas dini juga bisa menunjukkan adanya masalah sewaktu kanak-kanak seperti kurang berolahraga atau mungkin obesitas saat masih kecil.

Apa Yang Terungkap dari Usia Pertama Kali Menstruasi Tentang Diri Kita?

Apa yang dikatakan umur menstruasi pertama kita jika itu terjadi di luar usia normal? Misalnya, sebelum usia 10 atau setelah usia 17? Ternyata, penelitian Universitas Oxford pada 2014 menunjukkan kalau kita bisa punya risiko penyakit jantung di usia tua nanti. Penelitian itu menemukan jika seseorang mengalami menstruasi pertama kali di luar usia normal, maka kita punya kemungkinan 27 persen lebih banyak dari kelompok usia menstruasi normal untuk terkena penyakit jantung atau stroke. Kenapa bisa begitu?

Peneliti berpikir kalau hal itu bisa saja terjadi karena saat kita mendapat menstruasi pertama kali, usia kita terlalu muda atau malah terlalu tua. Sehingga, berat tubuh saat itu yang kemudian didukung juga dengan tekanan darah kita saat itu memberi pengaruh pada proses aliran darah ke jantung.