5 Kebiasaan Yang Membuat Kita Jadi Sahabat Yang Buruk

By Astri Soeparyono, Minggu, 27 September 2015 | 17:00 WIB
5 Kebiasaan Yang Membuat Kita Jadi Sahabat Yang Buruk (Astri Soeparyono)

Irene S. Levine, Ph.D., seorang profesor psychiatry di New York University School of Medicine dan produser TheFriendshipBlog.com bilang, ada 5 kebiasaan yang membuat kita jadi sahabat yang buruk. Apa aja?

(Baca juga: Tips Jadi Sahabat Baik Seperti Taylor Swift)

Jadwal kegiatan seseorang akan berbeda dengan orang lain termasuk sahabat. Kalau udah bikin janji, kita harus datang tepat waktu. Kalau kita sering datang terlambat atau bahkan enggak datang sama sekali, ini akan membuat kita jadi sahabat yang buruk. Levine menambahkan, sahabat akan berpikir kalau kita enggak menghargai waktunya dan ini akan menurunkan nilai pada diri seseorang. Hal ini akan menunjukkan kurangnya minat dalam persahabatan seseorang.

(Baca juga: Tips Menghadapi Teman yang Suka Ngaret)

Iya sih, sahabat harus saling membantu. Tapi, enggak untuk setiap detik dan tidak selalu meminta-minta bantuan, misalnya meminta tumpangan, membayari makanan, meminta jemput, dan lainnya. Kita harus memberikan perhatian sama seperti yang sahabat kita berikan. Pertimbangkan juga skala atau waktu etika meminta bantuan kepada sahabat.

(Baca juga: Cewek Itu Seksi Kalau Mandiri)

Bagaimana pun, seseorang akan berubah. Misalnya, sahabat kita yang single udah punya pacar dan kita tetap mengharapkannya seperti yang dulu. Itu akan sulit. Karena kehidupan menuntut seseorang berubah dan kita harus menerimanya.

(Baca juga: Tips Saat Merasa Tertinggal Jauh Dari Sahabat Yang Berubah)