4 Alasan Kita Harus Lebih Percaya 16 Tipe Kepribadian Daripada Ramalan Zodiak

By Natasha Erika, Senin, 5 Maret 2018 | 14:50 WIB
4 Alasan Kita Harus Lebih Percaya 16 Tipe Kepribadian Daripada Ramalan Zodiak (Natasha Erika)

Girls, pernah dengar soal tipe kepribadian INTJ atau ESTP atau lengkapnya, 16 tipe kepribadian? 16 tipe kepribadian merupakan salah satu model pemetaan kepribadian manusia yang termasuk paling tepat sasaran membaca karakter individu per individu.

Kalau biasanya kita membaca kepribadian lewat zodiak, coba kita gali lebih dalam tipe kepribadian lewat yang satu ini, deh. Sebenarnya, apa sih yang bikin kita harus sangat memanfaatkan tipe kepribadian kita berdasarkan model ini?

Ini 4 alasan kita harus lebih percaya 16 tipe kepribadian daripada ramalan zodiak.

Kalau kita melihat dari sejarah, manusia sudah mencoba berbagai pola untuk mendeskripsikan dan mengelompokkan kepribadian. Salah satu pola kepribadian yang terkenal adalah sanguine, choleric, melancholic dan phlegmatic. Situs 16 Personalities menceritakan kalau manusia masih terus mengejar pola yang dapat diandalkan dan didefinisikan dengan baik untuk memenuhi suatu hal yang kompleks seperti kepribadian manusia.

Makanya, ramalan zodiak mungkin enggak bisa memenuhi sepenuhnya kepribadian tiap-tiap orang yang sebenarnya sangat rumit. Mungkin ada beberapa sifat umum yang kita banget kalau dilihat dari zodiak, tapi 16 tipe kepribadian bisa melihat lebih dalam dan detail. Makin penasaran, bukan? Hi-hi-hi.

Enam belas tipe kepribadian berasal dari berbagai teori kepribadian manusia yang telah berkembang dari masa ke masa. Tipe kepribadian ini terbentuk dari teori tipe psikologi berdasarkan Carl Gustav Jung yang dikembangkan Katharine Cook Briggs dan anaknya, Isabel Briggs Myers.

Makanya berdasarkan pemikiran dan teori psikologi, 16 tipe kepribadian bakal memberi gambaran tentang diri kita lebih jelas dan tepat sasaran.

Melalui 16 tipe kepribadian, kita bisa lebih mengenal diri sehingga bisa lebih menggali potensi dalam diri. Berbagai tipe kepribadian ini belum tentu 100 persen benar. Bisa saja ada 10 persen yang bukan diri kita banget. Tapi, 16 tipe kepribadian bisa jadi indikator yang menunjukkan kecenderungan kepribadian kita.