5 Cara Menguatkan Sinyal Smartphone (Bagian 2)

By Astri Soeparyono, Minggu, 13 September 2015 | 17:00 WIB
5 Cara Menguatkan Sinyal Smartphone (Bagian 2) (Astri Soeparyono)

Kadang, saat sedang menelepon pacar atau teman, tiba-tiba koneksi putus. Setelah dicek, ternyata sinyal operator yang kita gunakan melemah. Berikut 5 cara menguatkan sinyal smartphone yang melemah.

(Baca juga: 5 Cara Menguatkan Sinyal Smartphone Bagian 1)

Pasang Airplane Mode selama tiga detik, lalu matikan kembali mode tersebut. Cara ini akan me-refresh koneksi ke jaringan operator seluler yang kita gunakan.

Selain itu bisa saja smartphone kita akan terhubung ke pemancar sinyal yang lokasinya paling dekat dengan kita. Dengan demikian, sinyal yang dipancarkan dan diterima ponsel akan lebih kuat, suara saat menelepon pun lebih jernih.

Kalau kita ada di dalam rumah dan merasa suara putus-putus saat menelepon, bukalah jendela dan berdirilah di dekatnya.

Seandainya suara putus-putus itu terjadi ketika kita menelepon dari dalam mobil. Lakukan hal yang sama, bukalah jendela di dekat kita.

Dengan cara ini, sinyal yang dipancarkan dari luar bisa  ditangkap oleh smartphone tanpa harus menembus penghalang. Apalagi bahan logam dalam body mobil termasuk bahan yang sulit ditembus sinyal seluler.

(Baca juga: 6 Cara Menghemat Baterai Smartphone)

Kalau SMS atau pesan lain yang kamu kirimkan ternyata delay, cobalah cek baterai. Smartphone biasanya akan menerapkan mode penghematan daya saat baterai tinggal sedikit.