5 Cara Menguatkan Sinyal Smartphone (Bagian 1)

By Astri Soeparyono, Minggu, 13 September 2015 | 17:00 WIB
5 Cara Menguatkan Sinyal Smartphone (Bagian 1) (Astri Soeparyono)

Kadang, saat sedang menelepon pacar atau teman, tiba-tiba koneksi putus. Setelah dicek, ternyata sinyal operator yang kita gunakan melemah. Berikut 5 cara menguatkan sinyal smartphone yang melemah.

(Baca juga: 5 Smartphone Android Terbaik di Bawah 2 Juta Rupiah)

Bila hal seperti ini terjadi, pastikan cek dulu kekuatan sinyal telepon di sekeliling. Salah satunya dengan cara melihat bar sinyal. Tapi bar sinyal hanya sekadar salah satu indikator saja dan enggak mutlak benar. Pasalnya, hingga saat ini tak ada standar yang mengatur soal jumlah bar sinyal sebuah ponsel.

Artinya bisa saja sinyal dua bar di iPhone ternyata lebih kuat dibandingkan dengan sinyal dua bar di ponsel Samsung.

(Baca juga: Tips Meng-Charge Smartphone Agar Baterai Berumur Panjang)

Kita juga punya cara lain untuk mengecek kekuatan sinyal tersebut. Bila menggunakan Android, cukup masuk ke dalam Setting, About, lalu klik Network. Selanjutnya kekuatan sinyalmu akan ditunjukkan dalam satuan decibel miliwatts (dBm).

Kalau menggunakan iPhone, cobalah untuk menekan *3001#12345# pada dial pad. Kita akan dibawa masuk ke menu Field Test dan bar sinyal akan berubah menjadi satuan dBm.

Sinyal pada -100 dBm menandakan kamu mendapatkan sinyal kualitas terburuk. Sedangkan angka -70 dBm menandakan kualitas sinyalmu sudah baik.

(Baca juga: Pilih Smartphone Sesuai Kebutuhan)

Setelah punya akses untuk mengecek kekuatan sinyal, cobalah 5 cara menguatkan sinyal smartphone yang melemah ini: