Ini Waktu Terbaik Buat Posting Berdasarkan Jenis Social Media

By Natasha Erika, Minggu, 6 September 2015 | 17:00 WIB
Ini Waktu Terbaik Buat Posting Berdasarkan Jenis Social Media (Natasha Erika)

Pengin "didengar" ketika menyebarkan konten di media sosial? Tentu, ini enggak bisa dilakukan hanya dengan asal posting saja. Kita harus bisa menyasar audiens yang tepat dan di saat yang tepat pula.

Nah, untuk membantu tujuan kita tersebut, Microsoft baru-baru ini merilis infografis berisi profil demografis pengguna sejumlah media sosial, yakni, Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, serta enggak lupa e-mail tradisional.

Ada juga pemaparan waktu-waktu optimal untuk melakukan posting di aneka medsos tersebut supaya mancapai hasil maksimal dalam hal koneksi dengan audiens.

Berikut ini penjabaran singkatnya, sebagaimana dirangkum Nextren dari Business Insider (30/7/2015).

Sebanyak 74 persen pengguna Facebook memiliki pendidikan berjenjang universitas atau lebih tinggi. Bisa dibilang para pengguna dari segala kalangan usia -mulai 18 hingga 65 tahun ke atas- eksis di medsos ini. Waktu posting optimal di Facebook adalah hari Kamis dan antara jam 9 pagi hingga 7 malam, terutama jam 1-3 siang.

Berbeda dengan Facebook, jumlah pengguna internet yang memakai Twitter jauh lebih sedikit (hanya 23 persen, berbanding 71 persen untuk Facebook). Posting di layanan micro-blogging ini terbilang efektif dilakukan pada seluruh hari kerja, antara Senin hingga Jumat. Untuk hasil maksimal, berkicaulah sekitar pukul 12 siang dan 5-6 sore.

Seperti Facebook yang merupakan perusahaan induknya, banyak dari cewek yang aktif di internet merupakan pengguna Instagram. Lebih dari separuh pengguna internet dari kalangan usia muda 18-29 tahun eksis di Instagram. Hari terbaik untuk posting di layanan photo sharing ini adalah Senin dan Rabu.

Jejaring sosial yang satu ini didominasi orang berduit. Sebanyak 44 persen dari populasi orang dewasa pengguna internet yang berpenghasilan 75.000 dollar AS (Rp 1 miliar) per tahun berada di LinkedIn. Berbeda dari tiga jejaring sosial di atas, LinkedIn pun lebih banyak menampung kalangan usia "matang" 30-64 tahun. Waktu posting terbaik di sini adalah hari Selasa, Rabu, dan Kamis, mengikuti jam kantor antara pukul 9 pagi hingga 5 sore.

Saat mengirim lewat email, pertimbangkan apa saja surel yang biasa diterima audiens agar efektif. Newsletter yang dikirim terlalu awal di pagi hari, misalnya, bisa saja dengan cepat "tertimbun" e-mail lain yang masuk sehingga tak terbaca. E-mail efektif dikirim sepanjang hari kerja Senin hingga Jumat, dengan waktu optimal pukul 10 pagi.

(sumber: oik yusuf/nextren.com, foto: buzzfeed.com)