6 Hal Yang Remaja Perlu Tahu Soal Puting Payudara (Bagian 2)

By Natasha Erika, Kamis, 27 Agustus 2015 | 17:00 WIB
6 Hal Yang Remaja Perlu Tahu Soal Puting Payudara (Bagian 2) (Natasha Erika)

Puting enggak hanya merupakan bagian dari keindahan payudara dan untuk menyusui, juga dapat menjadi petunjuk adanya beberapa masalah kesehatan yang serius, girls.

Jika kita mendadak melihat kerutan atau cekungan di kulit sekitar atau pada puting-terutama jika itu terjadi  hanya di satu puting, hubungi dokter segera. Ini bisa menjadi tanda peringatan kanker payudara.

Berikut adalah 6 hal yang perlu remaja tahu soal puting payudara:

Benjolan kecil di sekitar puting yang berisi folikel rambut adalah sesuatu yang enggak perlu dikhawatirkan. Kita bisa menghilangkannya dengan wax atau dicukur dengan hati-hati. Tapi jika folikel rambut tersebut terasa sakit, bertumbuh semakin besar, atau gatal dan bersisik, cepat temui dokter. Bisa jadi ini pertanda infeksi atau kanker.

Sekitar 15% cewek memiliki puting yang masuk ke dalam atau terbalik sejak lahir, kata Z. Paul Lorenc, MD, seorang ahli bedah plastik di New York. "Ini masalah sederhana, ada jaringan ikat yang menarik puting ke dalam. Cuma perlu operasi kecil untuk memperbaikinya. Kami membuat sayatan kecil untuk melepaskan jaringan ikat dan puting pun akan muncul keluar. Cukup anastesi lokal dan memakan waktu sekitar satu jam," tambah Lorenc.

6 Hal Yang Remaja Perlu Tahu Soal Puting Payudara (Bagian 2)

Menurut penelitian Rutgers University, rangsangan pada puting memengaruhi bagian otak yang sama dengan ketika vagina, klitoris atau penis dirangsang. Catatan untuk kita yang melakukan tindik puting: kita bisa kehilangan sensasi yang menyenangkan yang berasal dari rangsangan pada puting karena kerusakan syaraf.