6 Hal Yang Remaja Perlu Tahu Soal Puting Payudara (Bagian 1)

By Natasha Erika, Kamis, 27 Agustus 2015 | 17:00 WIB
6 Hal Yang Remaja Perlu Tahu Soal Puting Payudara (Bagian 1) (Natasha Erika)

Puting enggak hanya merupakan bagian dari keindahan payudara dan untuk menyusui, juga dapat menjadi petunjuk adanya beberapa masalah kesehatan yang serius, girls.

Jika kita mendadak melihat kerutan atau cekungan di kulit sekitar atau pada puting-terutama jika itu terjadi  hanya di satu puting, hubungi dokter segera. Ini bisa menjadi tanda peringatan kanker payudara.

Berikut adalah 6 hal yang perlu remaja tahu soal puting payudara:

 

Keluarnya cairan dari puting dapat terjadi pada sebagian besar cewek jika puting ditekan, jelas Leah S. Gendler, MD, seorang ahli bedah payudara di Morristown Medical Center di New Jersey. Tapi jika kita tidak menekan atau meremasnya dan terutama jika cairan bercampur darah dan hanya berasal dari salah satu payudara, segera temui dokter, Gendler menyarankan. Cairan bisa saja berasal dari kista jinak atau kanker payudara.

 

Beberapa tokoh terkenal yang memiliki puting cadangan ini antara lain Lily Allen dan Mark Wahlberg. Puting ketiga sering keliru disangka tahi lalat atau tumor. Memiliki puting ketiga tidak masalah dan dapat dengan mudah dihapus dalam prosedur rawat jalan, kata ahli bedah plastik Rahmat Ma, MD. "Seluruh prosedur memakan waktu sekitar 30 menit," katanya, "dan dapat segera pulih."

6 Hal Yang Remaja Perlu Tahu Soal Puting Payudara (Bagian 1)