5 Kebiasaan Sehari-hari yang Menyebabkan Keputihan

By Astri Soeparyono, Senin, 17 Agustus 2015 | 17:00 WIB
5 Kebiasaan Sehari-hari yang Menyebabkan Keputihan (Astri Soeparyono)

Walaupun enggak menyeramkan, tapi keputihan dapat menimbulkan rasa enggak nyaman. Selain rasa gatal, keputihan kadang menimbulkan aroma enggak sedap. Mengutip dari Intisari-online.com, Berikut 5 kebiasaan sehari-hari cewek yang bisa menyebabkan keputihan.

(Baca juga: Dua Jenis Keputihan Yang Cewek Harus Tahu)

Keputihan biasanya ditandai dengan keluarnya cairan berwarna putih kekuningan atau putih berbau yang berasal dari saluran vagina. Cairan keputihan bisa encer atau kental dan bahkan terkadang berbusa.

Cairan keputihan sebagian besar berasal dari leher rahim. Tapi, ada juga cairan keputihan yang berasal dari vagina yang sudah terinfeksi atau alat kelamin luar. Kondisi ini yang dinamakan keputihan patologis atau keputihan tak normal.

Keputihan patologis dapat terjadi karena infeksi pada vagina, adanya benda asing pada vagina, atau karena keganasan. Di sisi lain, infeksi bisa diakibatkan virus, bakteri, jamur, dan parasit Trichomonas vaginalis.

(Baca juga: Cewek Enggak pernah Keputihan Itu Enggak Normal)

Penyebab timbulnya keputihan beraneka ragam. Bisa jadi karena daya tahan tubuh kita yang lemah atau terlalu lelah. Tapi, 5 kebiasaan sehari-hari cewek ini juga bisa menyebabkan keputihan:

Menggunakan tissue untuk mengeringkan vagina sesudah buang air kecil atau air besar. Kalau menggunakan tisu yang gampang hancur terkena air, maka saat mengelap akan ada sebagian tisu yang masuk ke dalam vagina. Lama-lama tisu ini akan menumpuk dan mengendap. Nah, endapan ini bisa menyebabkan keputihan

Menggunakan pakaian dalam yang ketat dan terbuat dari bahan sintetis yang tidak menyerap keringat dan dapat membuat vagina menjadi lembap. Bakteri yang timbul di dalam vagina yang lembab bisa menyebabkan keputihan.